Dakota vs. Bellagio: Ketika Cinta Harus Memilih

Standard

OK, baru dikasih lagi Blackberry 9790 Bellagio. Gw mau coba review, tapi sebagai orang awam. Kalo mau tahu lebih dalam secara spesifikasi, fitur, dll, gw saranin cari review dari profesional, OK?Kalo belum baca review Dakota gw sebelumnya, gw saranin baca dulu (Review Awam Dakota) soalnya untuk review Bellagio ini gw gak akan mengulangi lagi pembahasan soal OS7 atau liquid graphics yang sudah ada di Dakota.

Let’s start.

PENAMPILAN FISIK

Ketika pertama kali gw memegang Bellagio, maka yang kepikiran pertama adalah “kecil ya”. Ini tentunya karena sudah 2 bulan gw pake Dakota, yang ukurannya memang paling besar dari semua BB saat ini (dia sebanding dengan Bold pertama seri 9000). Tapi ukuran sebenarnya kurang lebih sama dengan Onyx.

Dari kiri ke kanan: Onyx, Bellagio, Dakota

Dari sekilas pandang saja, terlihat jelas perbedaan ukuran Bellagio vs. Dakota – bagaikan melihat Choky Sitohang dan Ivan Gunawan berdiri bersebelahan. Tetapi dari sini terlihat keunggulan Dakota: layar dan keyboard yang lebih besar. Dakota memiliki layar 2.8 inch, Bellagio 2.45 inch (sebesar Onyx), dan percayalah bahwa ini SIGNIFIKAN. Keyboard Dakota juga lebih superior karena besar dan lapang, sementara keyboard Bellagio lebih kecil dan lebih rapat. Tentunya konsekuensi lain adalah Dakota juga terasa lebih berat dibandingkan Bellagio.

Tetapi pembandingan langsung Dakota vs. Bellagio mungkin tidak terlalu tepat, karena sebenarnya Bellagio diposisikan sebagai penerus Onyx. Jadi bagaimana kalo kita bandingkan dengan Onyx?

Kalo dilihat tampang depang, memang Onyx dan Bellagio mirip sekali. Jadi jangan harap ada perubahan muka revolusioner seperti Syahrini sebelum dan sesudah ngetop. Bellagio ya terlihat seperti Blackberry pada umumnya (kecuali Torch dan Monza). Tetapi dalam dimensi ketebalan, terlihat perbedaan jelas dari Onyx, di mana Bellagio terlihat lebih tipis, lebih sexy, dan jadinya lebih RINGAN. Tipis ini penting buat gw yang suka masukin hape ke saku celana, karena jadinya tidak ada lagi jendolan mencurigakan dari saku celana.

Kiri: Onyx, Kanan: Bellagio

Pokoknya kalo ngeliat tipisnya Bellagio, Onyx bisa berubah jadi penderita Bullimia kayaknya. Bellagio memang ramping dan cantik. Semua sudutnya juga memiliki curves/lengkung-lengkung gitu, jadi memang terkesan lebih feminin (apalagi dibanding Dakota yang terkesan maskulin). Tetapi harus diakui, Dakota masih terlihat lebih “mahal”, dengan pinggiran metal dan ketebalan merata (Bellagio agak menebal di bagian atas daerah kamera). Dan ini memang seharusnya, mengingat Dakota resminya adalah anggota yang paling premium dari semua keluarga BB saat ini.

Walaupun tidak terlalu penting, gw mau komen soal “punggung”nya Bellagio yang menurut gw juga cantik. Penutup batere dibuat dari bahan plastik abu-abu bertekstur tidak licin. Gak terlalu penting sih, tapi menurut gw lebih modern dan cantik dibandingkan punggung Onyx dan Dakota yang didominasi hitam. Selain itu memang ada fungsinya agar tidak mudah selip di genggaman.

Apalagi ya dari soal fisik? Kalau Bellagio 4 tombol utama (call, BB Menu, Return, end-call) terlihat sebagai “tombol”, sementara Dakota seamless buttons. Minor detail, tapi menambah kesan mahal di Dakota.

4 tombol utama terlihat sebagai “tombol” dengan batas di sekelilingnya

JEROAN, OS, LAYAR, PROSESOR

Oke, karena ini cuma review awam, gw gak mau bertele-tele di sini ya. Secara prosesor, Bellagio memiliki kecepatan di bawah Dakota (prosesor 1 GHz vs 1.2 Ghz). Sesudah gw pakai, gw gak merasa ada perbedaan terlalu signifikan dari kecepatan ini. Memory internal sama dengan Dakota, 8 GB yang tentunya masih bisa ditambah MicroSD sampai 32 GB.

Bellagio tentunya sudah menggunakan OS7 yang gak akan gw ulang lagi pembahasannya di sini. Kalau dari pengguna OS 5, maka OS 7 akan terasa signifikan bedanya. Untuk pengguna OS6 mungkin tidak terlalu terasa bedanya (selain gerakan yang lebih ‘smooth’).

Layar Bellagio juga sudah TOUCH, dan multicapacitive (itu lho, yang bisa dicubit2 untuk memperbesar/memperkecil…ndeso!) dengan performa yang sama mulusnya dengan Dakota. Paling sebagai note: dengan layar lebih kecil dari Dakota, tadinya gw khawatir pengalaman touching di Bellagio akan terasa tidak enak karena ruang terbatas. Sesudah gw coba ternyata tidak ada masalah sama sekali. Sekali lagi, tentunya Dakota lebih nyaman soal ini dengan layar bega begitu.

AUGMENTED REALITY

Nah, Bellagio sudah pre-installed Wikitude (sementara untuk Dakota gw harus install sendiri). Apa sih Wikitude? Dia adalah augmented reality application (buat Android dan iPhone user tentunya sudah familiar dengan Layar) Buat para pengguna Blackbbery yang ndeso, biar gw jelasin. Aplikasi ini membuat elu bisa mengarahkan kamera hape ke arah mana saja, dan di layar akan terlihat petunjuk obyek penting. Misalnya, elu mengarahkan kamera ke arah Tebet, maka di layar akan terlihat di mana ada Coto Makassar dan jarak menuju ke situ (dengan catatan si Coto Makassar ini sudah ada di database).

Beberapa lokasi di Jakarta Pusat yang sudah terdeteksi Wikitude

Yang agak “ngeri”nya, Wikitude ini tidak hanya menunjukkan lokasi restoran/hotel dan tempat umum lainnya, tetapi bisa menunjukkan posisi BBM user lain (sampai nama dan foto dan jarak), dan juga pengguna Twitter lain. Bahkan untuk Twitter user, kalau kita ‘tap’ icon user tertentu akan terlihat twit terakhir darinya.

Dengan Wikitude, posisi BBM user lain terlihat

Posisi Twitter user lain terlihat di Wikitude

Tetapi sebelum elu ketakutan, jangan khawatir, Wikitude ini dilengkapi dengan setting privacy invisible. Jadi elu bisa memilih menggunakan aplikasi ini tanpa terlihat oleh pengguna lain.Kalau mau positifnya, ya aplikasi ini bisa untuk menambah teman baru yang berada di lokasi di dekat kita. Sukur2 jadi alat pengentasan jomblo. Negatifnya juga ada, bisa aja dipake orang jahat. Jadi baik buruknya ya kembali ke penggunanya :) BATERAIMungkin sudah banyak yang dengar kalau Dakota boros baterai. Sesudah gw nyoba ampir 2 bulan harus gw akui itu benar. Sebagai pengguna Onyx. waktu gw pindah ke Dakota gw shocked dengan baterainya. Apalagi karena gw suka pakai UberSocial (dan running at background), cepet sekali batere ngedrop. Kalo aktif Twitteran + 3G, gw bisa ngecharge sampai 2x sehari. Kalo di-set ke 2G sedikit mendingan. Gimana dengan Bellagio? Sesudah 3 hari gw pakai, gw sih ngerasa hanya ada sedikit improvement. Itupun gw sudah berhenti memakai UberSocial dan pindah ke Social Scope yang konon lebih hemat batere. Secara logika, Bellagio harusnya lebih irit, mengingat prosesornya lebih lamban dan layar lebih kecil. Tapi untuk persisnya mungkin sebaiknya melihat review yang lebih teknis. KAMERAMasuk ke topik favorit gw: KAMERA!! OK, sebelumnya gw perjelas dulu: gw bukan fotografer profesional, dan gw sadar ngarepin fotografi serius dari BlackBerry itu seperti berharap kebut2an Fast & Furious pake Avanza. Tetapi, gw tetep expect performa kamera yang “decent”, karena gw seneng motret spontan hal-hal sehari2 dalam hidup, dengan range object yang luas: dari orang, orang kece, pemandangan, sampe kaleng minuman yang gw anggap lucu.

Di review Dakota gw pernah bilang kalo gw kecewa dengan kameranya yang tidak punya autofocus. Tanpa autofocus, kamera tidak bisa memotret objek sangat dekat, walaupun untuk memotret teman/pemandangan masih tidak apa-apa. Buat kebanyakan orang hal ini mungkin minor, tetapi buat gw yg seneng motret iseng, hal ini cukup mengganggu. Dakota mengkompensasi ini dengan resolusi video High Definition. Tapi masalahnya gw lebih banyak motret daripada bikin home video (apalagi home video esek-esek….)

Bagaimana Bellagio? KAMERANYA AUTOFOCUS Saudara2!! Di sini gw happy banget. Karena artinya gw bisa motret objek dekat lagi. Selain itu, picture mode-nya pun rasanya lebih berguna dengan kamera autofocus. Selain itu sudah ada fitur ‘image stabilisation’, walaupun gw belum berasa banget efeknya.

Bellagio (seperti juga Dakota dan Torch) sudah dilengkapi dengan Scene Modes layaknya kamera pocket digital. Bahkan sudah ada face detection technology.

Contoh foto jarak jauh. Menurut gw sih cukup bagus aja.

Foto jarak jauh, langsung dari kamera (tidak dimanipulasi digital)

Contoh hasil foto jarak sangat dekat. Dan hasilnya tetap tajam karena autofocus. Ini yang bikin gw hepi.

Foto jarak sangat dekat, tidak menggunakan digital zoom, tidak dimanipulasi digital

Bagaimana dengan video? JENG JEEENG!! Rasanya RIM kayak gak membolehkan ada BlackBerry versi Andra & The Backbone. Maksudnya yang “sempurna”. Ketika kamera Bellagio sudah memuaskan, spesifikasi videonya malah jelek. Maksimum resolusi hanya 640 x 480 saja, bener2 kebanting sama Hi-Resnya Dakota. Ini mungkin upaya mempertahankan Dakota agar tetap terlihat si ‘anak emas’. Tapi berhubung gw gak banyak pake video, ya sudahlah, yang penting kameranya sudah memuaskan.

YOU DON’T BUY BLACKBERRY HANDSET….

Kalo diperhatiin, BlackBerry terbaru ini tidak ada yang bener2 bikim rahang jatoh. Tampangnya ya BlackBerry, experiencenya ya BlackBerry. Kalau hanya dilihat sekilas, memang Dakota/Bellagio kalah gegap gempita dibanding smartphone lain yang berbasis Android atau iPhone. Tetapi setelah gw main2 dengan Dakota dan sekarang Bellagio, gw menyadari kalau kita tidak membeli HANDSET BlackBerry, tetapi kita membeli SERVICE dari BlackBerry.

Dulu gw pernah dikasih tau kalo BlackBerry punya sistem data compression yang superior, dan inget bahwa dia punya server sendiri untuk ini (inget Tiffie pernah sok ngancem BB harus bikin server di Indonesia?) Ini artinya soal e-mail dan kirim2an data, infrastruktur BB adalah bagian dari BB experience, dan ini yang tidak dimiliki smartphone lain. Jutaan orang juga sudah bergantung pada BBM, dari urusan pekerjaan sampai sharing gosip Rafi-Yuni Shara.

Terus sekarang ada aplikasi standar ‘BlackBerry Protect’, yang ini buat gw sangat memuaskan customer. Aplikasi ini bisa ditemukan di BB AppWorld bagi yang belum punya.

Tampilan aplikasi BlackBerry Protect

Apa hebatnya BB Protect? Yang pertama, wireless backup ke server BlackBerry. Kita tinggal sign-up dan memasang password untuk mendapatkan BlackBerry ID. Kemudian, kita bisa mengatur agar BB membackup isinya (bisa dipilih sebagian atau semuanya, dari contacts, calendar, notes, browser, dll, tapi tidak multimedia files) secara teratur! Jadi gak ada alasan lagi lupa membackup BB kita karena akan dilakukan secara otomatis. Seandainya BB kita hilang, keflush di toilet, dilempar pacar keluar jendela di jalan tol, dll, tinggal beli BB baru, dan data backup terakhir dipindah ke handset yang baru. Asik kan?

Nah, ada fitur lain yang lebih keren. Karena BB positioningnya sebenernya pekerja kantor, wajar kalau di dalam BB banyak e-mail confidential atau dokumen rahasia perusahaan. (gw ga tau sih isinya BB ababil apaan…) Bagi orang kantor, BB hilang itu yang bikin stres adalah data-data di dalamnya. Bagaimana BB Protect melindungi data? Di sini hebatnya. Pertama, log in ke protect.blackberry.com, dan kita bisa menemukan LOKASI HANDSET kita di peta. Kalau kita sudah putus-asa tidak akan bisa menemukannya kembali, di website yang sama kita bisa memerintahkan untuk MENGHAPUS SELURUH DATA BB KITA DARI JAUH.

Hebat ya? E-mail kantor, dokumen rahasia, foto selingkuhan, bokep, semua bisa dihapus dari jauh! Hati tenang dan tenteram walaupun BB hilang!

Jadi di sinilah gw menyadari kalau kita tidak sekedar membeli handset BlackBerry, tetapi kita membeli SISTEM LAYANAN dan support untuk kenyamanan dan keamanan data2 kita.

KESIMPULAN

Sekali lagi, ini hanya review user awam. Mungkin banyak aspek yang terluput. Jadi pembaca mungkin sebaiknya mencari review lain yang lebih ‘profesional’ kalau ingin tahu lebih banyak dan teknis.

Menurut gw, Bellagio adalah penerus Onyx yang bagus, terutama karena prosesor cepat 1 GHz dan OS7-nya. Dan konsisten dengan positioning utama BlackBerry sebagai corporate phone, Bellagio 9790 memang masih menjadi handphone ‘orang kantoran’ yang bisa diandalkan. Menurut gw sih dia gak bisa dibandingkan langsung dengan Samsung Galaxy SII, atau iPhone 4, karena kayak yg gw udah bilang, BlackBerry is not only about the handset, tapi juga tentang support system di belakangnya. Kalau hanya butuh handset keren dan cantik tanpa perlu layanan data yang serius, BB mungkin bukan pilihan yang tepat (walaupun bagi banyak orang BBM saja sudah cukup penting ya?)

Jadi, kalau antara Bellagio dan Dakota gimana dong?

Menurut gw, faktor utama memilih Dakota dibanding Bellagio murni masalah ukuran dan design. Dakota jelas lebih menyenangkan untuk mereka yang berjempol besar, atau butuh screen yang lebih besar untuk browsing web page yang lebih nyaman (atau karena matanya mulai rabun). Gw pribadi lebih suka dimensi fisik Dakota – keyboardnya beneran enak banget buat ngetik (dan bukan karena mata gw udah rabun ya). Secara kemampuan jeroan, jujur sebagai pengguna awam gw gak berasa beda jauh. Secara design juga Dakota lebih cantik dan mewah, walaupun Bellagio juga menarik dipandang. Tetapi gw akhirnya memilih pindah ke Bellagio hanya karena faktor kamera. Bagi gw kamera autofocus itu penting. Tetapi buat orang lain mungkin nggak. Seandainya saja Dakota kameranya autofocus, mungkin gw stay dengan Dakota.

Faktor lain ya harga, karena Dakota lebih mahal sekitar 1.3 juta-an dibanding Bellagio.

Yah gitu aja deh review awam gw. Semoga membantu.

 

Baca juga:

Review Awam Samsung Galaxy Note 2

Review Awam Sony Xperia Z

Review Awam Sony Xperia Z Ultra

Review Awam Samsung Galaxy Grand 2

About these ads

203 responses »

  1. wahh mantapp (y)
    saya mau nanya donk, btw klo untuk pemakaian normal seperti social network (bbm, uber, fb) *browsing jarang bgt*, itu batre kira” bs bertahan berapa lama ya?

    thank you gan :)

  2. setuju. fitur autofocus itu penting banget buat orang model kayak aku yg suka motretin banyak hal (for the sake of capturing the memory) tp males bawa digicam/pocket cam kemana-mana. BB-ku masih jadul, Javelin, tapi ada autofocus-nya dong. one day ada doku buat beli BB baru, I’ll make sure my next BB will be the one with autofocus :)

    thanks for sharing ya mas :)

  3. Om piring, bb protect gak bisa back up media files, jadi foto selingkuhan, bokep sama home videonya gak bisa di delete kalo ilang.. :D

  4. Walaupun review nya ala kadarnya, but bagi gue nie bermanfaat banged. Mau ganti bb gue yg sekarang nih. Akhirnya gue memantapkan tuk membeli si Bellagio saja. Kecil, simple, gak repot. Toh sama saja bagi gue. Thx atas inpohnya!!

  5. review dari orang (yg ngaku awam) buat org awam, bahasanya enak (saya habis 2!), lucu dan mudah dimengerti (bwt gw yg agak bolod)..Thanks, mas henry..=)

  6. Thanks yaa,,Reviewnya bagus,,brmanfaat bgi sy yg mao bli si Bella,, Bella emg cantik kok, sayang ud jd vampir,, *itu mah Bella Cullen,,!! Eniwei, bagi grup yg bahas Raffi- Yuni duundd,, heheheeu,,kidding! :D

  7. bro henry, btw itu bellagio klo sms emang suka gagal y? apa hrs ada yg di setting ulang gt?

    trs btw untuk wikitude nya, penggunaannya gmn y? share donk bro, msh awam :D

  8. Hmmmmmmm jadi tambah binun mau pilih yang mana, secara jari gue gede2 tapi pingin yang baterenya awet juga.
    Intinya adalah disesuaikan aja sama kebutuhan, iya gak om…???
    Eh review torch 2 ndak ada nih om…?? hehehehehehehehe

  9. bro henry mau nanya lg donk :)

    btw utk batrenya bellagio saya kok aneh y, saya cas sampe berjam” 3 jm lbh tp kok gk penuh” bro (dlm kondisi hp mati dan batre blm abs total, sekitar 40an%). apa gk bs 99+ y bro? tiap di nyalain slalu 98 jdnya. Bellagio bro henry begitu jg gak? trs klo mengalami begitu, hrs bagaimana ya? tolong di bantu suhu :D

    • Hmm, jujur gak ngerti jg. Punya gw dalam keadaan nyala, hampir kosong, cukup perlu 2.5 jam sampai penuh.

      Tandanya penuh itu simbol petir berubah jadi steker.

      Wah, gw bukan teknisi. Mending di bawa ke Fx aja, ada service centernya. :)

      • om piring, coba charge dalam keadaan off. pasti gak kelar2. saya sudah 5 jam charge dalam keadaan off gak penuh2. tadinya dalam keadaan nyala hanya btuh waktu 2.5 jam untuk penuh. tapi skrng dalam keadaan nyala pun juga tidak penuh2. itu knapa ya? apakah masalah di charger atau bateray nya?

  10. om hen, aku make bellagio udah semingguan ini dan mulai jd pemburu colokan tiap hari.. masa’ dlm waktu 8jam ngampus kudu ngecharge smp 3kali?! Udah mirip jadwal makan aje deh jadinya.. Harus beli batre cadangan nampaknya om ;(

  11. Kak aku mau nanya dong, kalau bb bellagio sama dakota baterainya lebih parah mana sih? maksudnya lebih cepat habis yang mana? secara gua suka pake ubersocial dan bbm. D tunggu ya jawabannya! :)

  12. iyaaa.. masa ini udh hari ke-6 ngecas sampe full butuh waktu 8 jam?? pernah cas smpe 14 jam.. sedangkan maksimal wkt idup nya cm 8 jam. heran.. ni apanya yg salah ya? pdhl ngecas sambil mati,gak pindah2. pernah iseng udh 6 jam ngecas ko gak penuh aku idupin bb nya baru 96%, 1 jam kemudian aku idupin lagi krn geregetan eh masih donk 96%. tewas deh rasanya nungguin ngecas… (-_-“)

    • sama saya juga begitu. tapi yg anehnya setelah lama dichrge dan tidak penuh2. saya gregetan dan saya nyalakan, baterai masih 95%, tetapi stelah dnyalakn itu baru akan pnuh. kan aneh. msa untuk penuh chrge harus kita mati dan hdupkan.

    • iya,nih….saya juga baru beli udh 4 hari ….sewaktu cas hp mati masa ngecas sampe 8 jam gak penuh2….sewaktu diidupin 97% baru batrainya….apa memang semua belagio begitu? mohon infonya…thanks

  13. Kak mau nanya dong kak, kalo misalkan nih aku kan baru pertama kali beli,, aku ngeas nya sampe 10 jam gak full full… gimana nih kak? apa emang begitu??

  14. terima kasih atas review nya Mas Henry (secara awam…merendah banget,red!!!)
    karena saya sdang bingung antara Dakota dan Bellagio..nah..sekarang saya jadi lebih memahami ..penjelasan mas sungguh sangat membantu saya ..

  15. terima kasih atas review nya Mas Henry (secara awam…merendah banget,red!!!)
    karena saya sdang bingung antara Dakota dan Bellagio..nah..sekarang saya jadi lebih memahami ..penjelasan mas sungguh sangat membantu saya ..

  16. om henry.. setelah sekian lama bagaimana pendapat anda ttg battery nya bellagio? sekali charge tahan brp lama? dan VIDEO RECORDING nya jelek ya? makasi banget kalo di balas :D mau beli nih bellagionyaa

  17. saya suka ama statement: kita tidak membeli HANDSET BlackBerry, tetapi kita membeli SERVICE dari BlackBerry. soalnya saya pernah pake android & merasa kalo android jauh lebih fun & menarik bwt dipake mainan ketimbang BB. But tq for the review anyway… minimal bwt org awan kek saya jd lebih tahu apa itu dakota & bellagio…

      • Nahh Ҟāĺō aku mau tanya nih, aku punya dakota n emg boros bgt soal batrai,tp skrg mslhnya dakotaku ga mau ngecharge,batrainya baru terisi kalo aku charge via laptop atau desktop,sudah prnh aku coba paKe batrai lain Ɣªήğ aku masukan ð̀ĩ dakota n AKǔ♥ charge Pake chargerku batraix ga mau terisi,trs AKǔ♥ gnti pke charge lain Јϋƍā ga mau terisi….tp batrai n chargeku pakein ð̀ĩ hp tmnku connect aja…..J̶̲̥̅̊αδί bingung nih…..punya solusinya ga?

  18. bellagio ini keren banget,kamera jauh lebih bagus daripada dakochan,gw bandingin ama temen2 masih hemat BB bellagiop dibanding dakota..serta layar lebih tajam..dan desain sama tipisnya..^^v

  19. Reviewnya ok bangets!
    Mau tanya nih masalah batrenya
    Kalo bellagio gmn ya? Gua mau beli antara bellagio atau dakota nihhh. Bellagio boros bgt ato gmn? Thanks ya sarannya :D

  20. Wah wah wah gila keubek abis yah . Tapi belagio ramnya nggak terlalu beda jauh ya sama onyx 2 512mb ke 712mb . Pengennya 1GB kan agak keren tuh . Instalasi aplikasi , atau geberan minimalis aplikasi sabrowser sambil musik, sambil bbman . Sambil twiteran . Pasti gass poll lancar .
    Gw stuju sama lo auto focus mesti ada dan harus . Tanpa atu focus kaya kamera handphone china ,!

    Thanks gan atas infonya .

  21. Yahhhh,br seminggu ini gw ganti onyx2 ama dakota,tampilaan si sukaa bgt,tp pas jepret sana jepret sinii,koq kameranya jelek,gak ada auto fokus T_T *sedih telat baca reviewnya baru skrg* jadi ngiri liat bb bellagio cowok gw…:'(

      • Secara pribadi, saya prefer ke Torch2.
        Jeroan ‘n penampilan oke, nggak pernah hang / restart sendiri.
        Kamera AF ‘n Recording HD mantaff.
        Batere utk pemakaian normal minimal 8 jam (itu aja sih kelemahannya).
        Om Henry perlu juga tuh review Torch2…
        btw makasih informasinya….siiippppp…

  22. Numpang share yak..

    ‘4G’ di BB itu belum ada, 4G di BB it hanya marketing trick T-Mobile dan AT&T saja.. (Dr berbagai sumber di US)

    Faktanya saja 4G di US masih dalam tahap perkembangan (apalagi di Indo, 3G aj blm maksimal –‘)
    4G yg sebener2ny it 4G-LTE..
    Di handset T-Mobile akan keluar 4G jika menggunakan kartu T-Mobile..
    rumor ny di luar T-Mobile request ini ke RIM..–‘ (padahal 4G boongan..zzz)
    dan 4G boongan ny T-Mobile cm bs muncul jika pake kartu ny T-Mo jg, karena UMTS Bands ny 1,4,8 (Bands handset dan operator ny cocok, sama2 1,4,8)..

    UMTS Bands handset ny T-Mobile it 1,4,8 (2100/1700/900)
    Untuk AT&T Bands ny adalah 1,2,5,6 (2100/1900/850/800)..

    Untuk Operator Indo menggunakan Frekuensi Bands 900/1800/2100
    dimana 900/1800 untuk GSM, 2100 untuk UMTS (3G/HSPA)..

    Handset BB yang dujual resmi juga telah disesuaikan dgn UMTS Freq di indo (Bands 1,2,5,6)
    cek aja di handset BB garansi TAM/SS/Operator punya..

    Contoh Kasus:
    Kita nggk akan bisa dapat signal 3G jika BB Bundling AT&T di pasangkan kartu T-Mobile, dan mentok cuma dapat EDGE..
    Kenapa?? Karena Bands UMTS nya T-Mobile berbeda dgn AT&T..
    sebaliknya juga begitu..

    Sy ambil contoh AT&T n T-Mobile krn bundling BB kedua nya mempunyai perbedaan Frekuensi UMTS Bands..
    dan bs dijadikan pembanding di sini..
    karena UMTS Bands di indonesia cocok dengan AT&T pny, grs resmi pun sama Bands ny (1,2,5,6)

    Sbenernya bukan AT&T doang yg UMTS Bands ny klop ama jaringan UMTS operator indo.. Ini dia bundling BB yg UMTS Bands ny 1,2,5,6:
    AT&T, Rogers, Telus, Bell, dll

    Info tambahan:
    Nggk semua Bands 1,2,5,6 akan mendapatkan Network Option H+..
    Cuma Rogers, Bell, dan Telus yang sementara ini ada Option H+
    Untuk Unbranded / No Logo smentara belum ada Option H+
    Rumor yg beredar di luar sih, Option H+ bs muncul dgn install OS Build dr Operator yg support H+ it sendiri..
    Bundling T-Mobile (Bands 1,4,8) jg bs kepake (krna kecocokan bands 1 (2100 dgn UMTS Bands Indo), cm logo yg muncul fake 4G..–‘)

    Moga bs jd penjelasan yg baik n smua bs paham soal UMTS Bands..
    Quote:
    Originally Posted by alunkkk_GF View Post
    wah spertiny msh bnyk yg salah kaprah tentang H+ dan 4G..
    dulu gw pernah post jg panjang lebar di thread ini, di page belekang2..

    Logo H+ itu hanya muncul di handheld Rogers, Bell, Telus (RDE71UW/RDE72UW)
    Logo 4G it hanya muncul di handheld T-Mobile (RDV71UW/RDV72UW)
    Di handheld NO LOGO displaynya tetap 3G (RDY71UW/RDY72UW)

    *Update* Logo 4G juga muncul di 9900 AT&T keluaran terbaru, di versi pre-release logo yg muncul H+, begitu juga di 9850 dan 9810 AT&T yg muncul H+, cuma di 9900 saja yg beda*

    H+ dan 4G disini sebenernya it masih dalam 1 band yaitu 3G..
    tepat nya 3.5G s/d 3.75G.. sedangkan logo yang muncul H+ atau 4G itu adalah ‘Branding’ dari Rogers dan T-Mobile..

    Jadi untuk handheld lain yang display nya hanya mentok di 3G itu yah sebenernya speed yang di dapat sama saja dengan H+ ny Rogers..
    Karena Spesifikasi Bold 9900 disini semua nya ‘Sama’ yaitu support HSPA+..
    Asalkan operator ny support HSPA+ juga..

    Inti nya :
    *H+ itu adalah penamaan (branding) untuk teknologi HSPA+ (3.5-3.75G) oleh Rogers, Bell, Telus, dkk..
    *4G di T-Mobile pun sama aja hanya penamaan (branding) untuk HSPA+ (3.5-3.75G)..
    (cuma yang suka bikin salah kaprah it 4G ny T-Mobile.. di jadiin sarana marketing –‘)

    Teknologi 4G it masih dalam pengembangan, dan belum ada 1 pun handheld RIM yang support 4G..

    Moga penjelasan singkat ini bisa memperjelas pertanyaan2 yang muncul menyangkut logo2 3G, H+, 4G..

    NB: Masalah Logo H+ / 4G ini bukan cuma di Dakota (9900) aja, tp berlaku jg di Monza (9850) & Jennings (9810)

  23. Om Henry, aku baru pake 5 hari, nich…model Bellagionya memang elegan bener menurut aku, slim, lekuknya sexy dan lain dari BB laennya lah. Tlg bagi infonya, untuk track pad Bellagio om Henry apa jg agak bunyi ctek” gt kalo digulir ke kanan kiri dan atas bawah? Jd spt agak longgar dibanding 2 type onix sblmnya?
    Krn banyak temen dan penjual BB bilang begitu. Dan memang sich itu gak mengganggu performa si Bella itu. Mohon bagi info, ya. Thx :)

  24. Tanya donk mas :) soal blackberry torch 2 atau 9810 knapa akselerator nya g mau jalan ya? hp dlm keadaan tertutup di miringkan hpnya ttp g bs berubah posisi layarnya… ada settingannya ga sih? atau ada cara lain supaya bs kembali seperti semula?

  25. tanya dooong mas (in case u know)… mesin sama batrenya suka panas gitu ga sih bellagio??? soalnya batre sy (entah batre entah mesin atau dua-duanya) kadang panasnya sering ampun-ampunan, sampe sy ngeri sendiri :( itu abnormal kan ya? thanks! :)

    • Hmm, belom pernah ngalamin. Apa kamu pakenya berjam2 nonstop? Mungkin aja kali ya. Saya lg iseng nyoba Orlando (Curve all touch), dan emang berasa panas banget kalo lama.

      Kalo udh ganggu ke service center aja nanya :)

  26. Seru juga baca blog-nya, thx y udh bagi2 ilmu, saya pemakai bella dr awal launching, dan keluhan2 nya ampir sama dgn bbrp user d atas..

    1. batere-nya nga ktauan penuh nya bahkan memang klo dlm keadaan off, dia nga mau penuh2, sejak pake aplikasi “battery alerts”, itu agak membantu, jd dlm off/on ada akang2 yg ngomong nya dlm bhs inggris tentu nya “battery fully charging”…so masalah pertama selesai…^_*
    2. batere-nya suka panas, bahkan saking panas-nya saya takut dia tiba2 meledak, BOOOMMMM,..konyol aja gtu klo gosong krn BB…#tutupmuka
    3. dalam sehari saya bisa nge-charge 3-4x, pdhl pemakaian normal sama dgn umumnya user BB yg lain
    4. akhir2 ini suka jam pasir yang menerjang bertubi2, maksud nya klo lg seru bebeeman sama bbrp tmn, tiap 2-3x bls bbm, dia nongoll tu jam pasir dlm wkt itungan detik yg ckp mengganggu aktivitas berGHAOL saya..alhasil alt-aA-del ato cabut batere, dan d saat yg urgent bgt benar2 bikin gigi rontok…Sighs..x_x

    Dari semua kendala yg saya hadapi, saya berpikir untuk mengganti ke monza, ada masukan??

  27. Banyak amir om blackberry nya? kayak konter aja :)
    Hampir semua HH blackberry pny fitur yg hampir sama, yang ngebedain cuma satu. HARGANYA!! Sial *menatap tragis Odin terbujur kaku dipojok kamar*

    Satu lagi. Bener om, sebenarnya yg kita beli dari bb bukan HH-nya, tapi layanannya.

  28. Om piring, kalo dibandingkan onyx 2 meningan mana..lagi mau coba ganti BB nih, sekarang masih pake jevelin..harga ga beda jauh sekarang antara onyx 2 n onyx 3..jadi bingung, mau ganti 2 produknya lumayan lama punya, ganti 3 banyak keluhan..btw, klo onyx 2 banyak keluhan ga yah?
    thanks infonya Om..

    yg lain klo mau share onyx 2 boleh dong…thanks yah semua…

  29. entah kenapa gara-gara review ini gw jadi PEDE kalo ada uang mau beli BELLAGIO soalnya baru ngalamin kerusakan parah pada ONYX I (gak bisa dibenerin lagi) hingga menjadikan TORCH gw menduda (lebay)

    thanksie buat review yang berguna ini ya ;) SALUTE!

  30. aq sblm pake bellagio, user onyx 2, scara garis besar beda-nya nga trlalu signifikan, hanya kecepatan-nya saja yg beda aplg klo lg donlot, kenceng beud deh..sama tipis-nya bella enak buat d pegang khusus-nya buat para wanita, d luar itu bella boros batere-nya menggila, aplg klo qta lg d luar rumah dlm kondisi susah cari colokan, mau nga mau nga bs eksis hanya krn batere ajaa, so pilihan-nya kudu punya batere cadangan memang, aq nge charge dlm sehari skrg bisa 3-5x…soal kamera, moreless ampir sama..klo bole jujur, aq menyayangkan ganti k bella, tp krn nasi sudah menjadi bubur, dan bubur udah masuk perut, dan paling enak bubur pak zaenal dago deuh, juara nya dr aq kecil…heheee, muup sekedar intermezo aja soal bubur nya…:P.
    sejauh ini onyx2 worthed la, scara hrg awal launching ma bella aja msh mahalan onyx2 dlu…dan klo d sandingkan antara onyx2 whitey aq dlu ma bella bleky yg skrg, scara fisik tampilan dpn lbh keren onyx2, segi ramping ma lekukan belakang bella unggul..mending tgg bella whitey kluar, kali lbh mantaaff tu…:)

    ps : om piring, folbek twitter-nya y…:)

  31. om nanya yah..lis logam di body bb apollo saya kok longgar yah ?? jadi lis logamnya seperti ga bener2 nempel di bodinya terutama di sisi kiri kanannya klo di genggam mengganggu banget,..ada bunyinya cetak cetok gitu..apa lis logam di body bb dakota dan bellagio juga longgar..? thanks buat infonya

  32. om numpang tanya apa lis logam atau pinggiran metal pada pinggir body bb apollo suka longgar yah..?..soalnya punya saya dr awal beli udah longgar gitu jadi ga nyaman di genggam…klo lis logam di bb dakota ma bellagio gitu juga ga?..solusinya gimana yah..? thanks om buat infonya

  33. Saya pengguna onyx2. untuk batere juaranya. kerjaan saya menuntut pergi jam 5 pagi dan pulang ke rumah jam 11 malam. dan semuanya outdoor activity. dengan mengubah jaringan menjadi 2G, mematikan twitter, fb. dengan menyisakan sms, bbm, telepon dengan intensitas sedang. setiap pulang ke rumah masih menyisakan batere 50%. wowwww. sekarang mau ganti (karena suddah bosan) jadi galau. torch 1 n 2 boros, dakocan n bellaetrix lbh gubrak lagi.

  34. tapi bellagio dan apollo gak ada java MIDP nya yah??penting gak sih java MIDP itu? dan buat apa aja fungsinya?

    Thx om..

      • Ya itu jg yg sempat bwt saya pikir2 utk beli si bella, setelah tanya sana-sini sama simbah google ternyata tu aplikasi yg berbasis java yg tertanam di bb belagio.kl fungsinya sich utk menjalankan aplikasi2 yg berbasis java.tp lebih banyak ke Game dech kayaknya.so…kl gk seorang gamer sejati di ponsel maka gk penting2 amat utk Java MIDP.
        mohon maap yee kl kliru.hehehehehe…….

  35. Tanya donk mas Piring…gw baru pake Bella, waktu gw aktifkan wikitudenya begitu gw tap icon contact BB Chat kluar contct BB yg ada disekitar gw tapi begitu gw tap salah satu kontak tsb yg nongol di layar ada pesan di layar BB gw ” The BBM service is currently not connected with wikitude. To connect please switch to BBM Messenger application, connect wikitude in BBM Option > BBM connected Aplications and restart wikitude.
    Saya udh cari di aplikasi management BB tapi ga ada pilihan konek ke wikitude…
    Tolong mas…..gimana caranya untuk konek BBMnya ke Wikitude ya..
    Thx….ya ..

  36. Ada info tentang appollo ga? selain baterainya boros, apa lagi keluhannya? or cukup okelah (jangan bahas tentang video, karena videonya emang vga :p)

  37. Pagi sob…. Bagus infonya, lebihh masuk otak gw kalo penilaian spek BB dari segi irang awam.
    Tapi gw ada beberapa anjuran (secara awam)
    * gw jadi ngeri inget jaman doeloe, hrgga bold 9000 mahal di banding onix 1…. Dan di bilangnya lebih canggih (gw rasain emang bagus saat itu bold 9000) tapi ngeri secara harga jualnya sob (tuker tambah). Ngeri2an. Tapi liat onix1 masih langgeng harganya.
    Disitu gw mastiin kejernihan otak gw sebagai awam, tipe onix itu dari segi harga stabil ketimbang hape jembrog (bold 9000 dulu, 9900(dakota) sekarang)*
    Apalagi beredar isu RIM mau luncurin dakota yg baru versi 2 pelengkap dakota skarang.
    Lagian kelemahan selanjutnya dakota, buat bikin FT profile BBM g bisa langsung, ribet main save dulu(g bisa di ambil langsung crop).
    Gw sih nyaranin, buat anda pade yg mu Beli BB mending onix3 aja deh.
    > Stabil price (kalo suatu saat mu jual ato tuker typeNyaman genggamYg jelas yg stabil harga di masa akan datang biasanya hp yg agak stylis< lihat korban bold9000 aw…bikin sakit hati.

  38. Review yang jenaka, menghibur dan sangat membantu :D saya terpaksa belum bisa ninggalin bb karena urusan kerjaan, termasuk tawaran proyek seringnya lewat bbm. Push emailnya juga belum terkalahkan ma handset lain.
    Kayaknya demi alasan yg sama ma admin, yaitu “kamera” bakalan milih bellagio bwt gantiin onyx saya yg uda ancur lebur fisiknya ma memorynya juag.

  39. Dari komen yg gw baca dari atas ke bawah semua lebih milih si Bellatrix dari pd Dakocan. Gw sebagai pemilik Dakocan akan membela si Dako hehehe. Untuk masukan buat agan2 semua. Setelah gw baca bbrp komen diatas gw menemukan lagi kelemahan si Bella klo ternyata ngecasnya dari kosong smpe full perlu waktu 2,5 jm (lama amat, amat aja gak lama2), nah disinilah kelebihan si Dako. Si Dako klo ngecas dari kosong smpe full hanya perlu wkt 1,5 jm jd gak perlu wkt lama untuk menunggu. Forza Dakocan

  40. Thanks gan..
    Article’y bagus gak bikin jenuh yang baca…
    Betewe nama bagus gitu di panggil piring…
    Waaah nantangin berantem tuh yang coment…
    Ha…3x
    Ketawa….

  41. Wah senangnya menemukan blog ini ktika ingin ganti hp! (^_^) Trima kasih y mas..sangat m’bantu,tapi saya blm bgitu puas n agak lemot jg nih sbg org awam. K’lo mas disuruh milih mending onyx 2 atau bellagio..saya baru mau ganti gemini saya k slh satu tipe bold itu. Tks sblmny atas masukkanny.

  42. mas piring,,skg aku pake dakota,batre emang superrr boros,trs sering banget ga dapat sinyal. cuma ada tulisan SOS. Itu kenapa ya? pdhl baru 6bl. Rencana sih mo ganti Bellagio>

  43. Om piring atau om om lain yg ada disini , aqu skrg lg pake onix 2 neh .berhubung aq ada bisnis online dan perlu join banyak group . Rencananya mo nambah 1 bb lg nih. cuma bingung antara Si bella atau Monza. Please dunk bantu kasih masukan biar gak tersesat beli .Mumpung lagi mikir2 belum beli . Thank you

  44. nice share!, but i’m not gonna upgrade my onyx to whatsoever rim call it their ‘most sophisticate model’ until they make flash+4G+video calling support on their newest handset..ngga penting ngeluarin model2 baru kalo fitur os nya segitu aja, bikin org jd makin konsumtif doang..katanya smartphone, masa progress kalah cepet sama ios wp android dkk..haha anw it’s just a thought, many thanks ms momod henry

  45. wow.. nice review bro… :)
    aku pemakai dakota, and pengen beralih ke bb lain, cuman bingung, keluarga bb mana yg aku mau lamar.. setelah baca blog nya juragan, hmm, rasanya patut di coba nih bellagio.. thanks udah sharing.. punten pisan, saya numpang bookmark blognya.. ;)

  46. duh thtanks banget nih buat review nya jadi nya udah bisa mutusin antara dakocan, . . eh dakota hehehe dengan bellagio . . . siip banget deh . . . ;)

  47. Ane sih make dakota, emang di sayangkan batre dan kamera suram. So, buat kamera sm batre udah ke cover sm ipod gen4. Itu mau pake buat foto-foto, ganti dp bbm (vie blutut), sampe buat video (hot bisa, dingin bisa) emang canggi punya.. Sempet nyesel beli dakota. Tp buat bbm sm ym asik aja. Thanks om infonya.. Forza Dakochan!

  48. Nice review mas! Makasi loh yah, akhirnya abis semedi ambil Bellagio karena yaa well gw rada narsis wkwkw :D

  49. Makasi mas buat reviewnya! :D
    Akhirnya gw milih buat beli Bellagio daripada dakot yang ya well harganya juga mayan beda. Kameranya Bellagio juga ada autofocusnya kan, jd lebih bersemangat buat comot Bellagio.
    Thx once again! ^^

  50. thanks bro info nya jdi beralih aja ke bellagio daripda dakota dech……info cukup memuaskan…………

  51. Mas henry aku mau nanya aku baru beli belagio biasanya sblm aku bl belagio aku pernah paake torch 1 pas beli dikasi memoricad,kok sekarang beli belagio gak ada memoricad pas mas beli belagio ada memoricadnya gak???

  52. Mas henry gw mau nanya nih kan gw baru bellagio nih,nah mau nanya itu trackpadnya bellagio emang longgar gitu ya?atau punya gw yang abnormal nih?rada annoying sih trackpadnya

  53. Ikutan nanya…saya sekarang pakai torch, ingin upgrade mending ke dakota atau bellagio ya ? Keperluannya cuma bbm sama email doang. Browsing saya lebih suka pakai iphone. Yang kira2 kekuatan baterainya mirip torch dengan kapasitas memori yang lebih besar (atau buat grup yg lebih banyak) mending apa ya ? Thanks

    • Bingung juga jawabnya. Kalo bb hny utk bbm dan email, gw skrg pake curve 3G yg udh OS7. Udh cukup banget. Batre sedikit lebih baik dari Bellagio/Dakota. Kamera aja cupu. Tapi kan udh ada iPhone? :)

  54. mas piring aku mau nanya, dakota itu dalemnya emang agak sedikit longgar yah karna batre yg tipis? soalnya stiap gerak dikit, suara batrenya kedengeran, sperti kekocok

  55. kata sebagian orang dibelakang tutup dakota sbenernya ada smacem busa kecil pngganjel, supaya batre gak bunyi? emg bener bgitu ada busa? trus utk ngrekam video gak bisa zoom in zoom out yah mas?? :(

  56. Sharing ttg Torch 2 boleh ya Om :) kan banyak yg tanya di komen
    Dakota vs Jennings (Torch2)
    Beberapa reviewer akan bilang Jennings = Slide Version of Dakota, tapi karena segmentasi usernya agak beda, maka nurut saya sih ttp ada bedanya
    1. Batre : OS 7.0 » Dakota hampir sama dgn Jennings ; OS 7.1 » Jennings = 1,5 x Dakota dalam artian, network 3G Only, FB, Uber, email moderat, BBM heavy use Dakota ga sampe 10 jam, Jennings sanggup sekitar 15 jam, rekor Jennings saya dgn pemakaian agak minim tapi network ttp 3G = 32 jam
    2. Kamera : ketiadaan autofokus di Dakota ga bisa bohong, hasil gambar jarak dekat baik di layar hp maupun layar pc masih lebih baik Jennings
    3. Layar : Jennings lebih luas jadi lebih nyaman
    4. Ukuran dan Design : Dakota menang, lebih tipis, lebih ringan, Physical Keypad sangat nyaman, Backdoor tidak mudah kendor, bagi sebagian orang Slide tidak nyaman (begitu jg sebaliknya), Trackpad ga cetak – cetok :D

    Yang saya rasain sih segitu bedanya
    Nambahin dikit klo bandingin Torch 2 (BB OS 7.1) dengan Xperia Neo V (Android 4.0.4) :
    Batre lebih tahan lama Jennings (menurut saya manajemen daya di sistem OS BB msh lebih baik daripada Android) karena kapasitas baterai Neo V 200 mAh lebih besar dari Jennings, namun dengan pemakaian relatif serupa, Neo V saya ga akan bertahan lebih lama dari Jennings

    Maap kalo jadi kemana2 nambahinnya Om :)

      • Om mw tanya nih,bellagio speakernya emg kecil ya volumenya? Cz pas mw dgr mp3 suarax kecilllll banget, trs ringtonenya jg ga keras,misalnya q pasang volume ke 5 biasax di bb yg lain udh nyaring,ko di bellagio kcl bgt suarax? Please donk di jawab

      • Bingung jawabnya. Buat gw sih udah cukup keras, nggak tau deh kalo pengalaman achie dibandingin sama apa.

        Kalo utk denger mp3 emang gak enak kalo pake speakernya. :)

    • maaf mau tnya jadi artiannya jenning (torch 2) lbh bagus dari dakota ya atau belagio? rencana mau ganti bb secara dakota ku mati tiba2 ga tau penyebabnya sudah hampir seminggu blom beres. bisa kasi saran?

  57. slmt siang pak henry>> maunanya nich tentang bellagioku. knp setiap install wikitude selalu error..trimaksih atas pencerahanya.

  58. Met pagi om Henry,sy mw tanya nih ttg speaker bellagio….apa emg suarax ga sekenceng atw senyaring bb yg lain ya,misalx pas sm2 atur nada di volume 5, di bb tmn sya ( wkt itu onyx 1) keras suarax,tp di bellagioku ko kalah kencang suarax,apa emg spt itu ya? Tolong donk di kasi tau, cz ni bru beli blm Ȁδα 1minggu. Thanks before

  59. review yang sangat bagus mas Henry. mau nambahin antara Onyx dan Bellagio memang tampilannya sangat mirip, tapi didalamnya sangat jauh berbeda. saya dulunya menggunakan Onyx dan merasakan betapa lemotnya nih bb, mungkin karena saya menggunakan aplikasi whatsapp dan SMS saya puluhan ribu. tetapi berjalan sangat lancar dan nyaman di Bellagio. perbedaan pada RAM nya yang sangat membantu sekali dalam performa (RAM Onyx = 256 MB dan Bellagio = 768MB). oh ya mas Henry, untuk Dakota berapa besar ya RAM nya? karena saya cari-cari info di webnya tidak dituliskan. RAM yang saya maksud disini mungkin Memory Application. terima kasih :)

  60. hai…..mksh buat review nya ya…tdnya emang msh bingung antara si bela ama dakota tp stlh baca review nya jd mantab deh milih bela terutama karna sy perlu bgt sma kamera auto fokusnya utk foto2 baju jualan online sy. Btw brp pixel di belagio? Skrg sy msh pke bb style yg kamera 5mp. Tapi kok byk jg crita miringnya ya soal bella :-(

  61. Jd bagus mana antara bellagio sm dakota yah?? soalnya ktnya klo torch itu ringkih sm slide nya,.. mohon info yah soalnya bingung mau yg mana. Rencana warna putih

  62. Bagus reviewnya nih, lucu :D
    Btw, utk yg nanya soal Monza / torch 2/ 9860, saya bisa bantu komen sedikit. April lalu, sy beli Monza garansi distributor, dan memang naksir berat sama touch screen nya yg guedee. Kamera mantap, suara bening. Jadi puas banget untuk foto2 (ssya juga suka iseng foto, tapi banyaknya landscape hehe). Seksi banget deh si monza ini, kecuali 4 tomboh dibawah yg saya kurang sreg, bikin kesan murah kayak Curve, hehehe. Gak ada masalah berarti sih, kecuali ‘standar problem BB’ : boros batre. Apalagi full touch screen. Kalau aktif bbm an, twit, dan browsing, sehari bisa ngecas sampe 2x, tapi kalo charge colokan listrik sih sebentar, 2 jam aja udah full.

    Tapi, sayangnya si cantik monza ini banyak masalah lain. Gerak screennya utk perpindahan vertikal horizontal (apa tuh istilahnya ya? Maap ndak tau heheh) rada lemot mikirnya. Dan sering hang kalo banyak bbm an sekaligus atau abis instal aplikasi. Puncaknya, Oktober lalu, saat pemakaian normal baru 6 bulan, tiba2 saja si monza ngambek gak mau nyala abis di reboot (karena hang, tentu saja!), bar putih tanda reboot nyisa seperempatnya, gak gerak2. Jadi gak bisa nyala itu si monza. Saya bawa ke service center, katanya masalah di software. Aneh, padahal aplikasi yg saya pakai hanya kecil2 size nya. Media card 16 gb pun baru terpakai 1 gb aja. Akhirnya oleh service center diformat ulang. Hampir tiga minggu lamanya si monza dirawat. Setelah diformat ulang, saya pakai hanya untuk bbm an dan sms. Seminggu sembuh, saya instal lah beberapa aplikasi standar seperti detikcom, kompas, bloomberg, endomondo,ubertwitter, dsb. Dan ..jreng jreng…dua hari kemudian si monza kembali ngambek, rebootnya gak beres tersisa seperempatbar, gak mau nyala. Parah banget jeleknya monza! Cantik tampilannya, isinya busuk, hehe maaf bahasanya.

    Setelah pikir2, saya mau ganti pake onyx 2 aja, setelah baca banyak review (termasuk punya om piring ini), jadi yakin milih onyx 2 aja alias 9780. Kecuali stok gak ada lagi, baru kayaknya milih onyx 3 alias bellagio. Thanks ya!

  63. Bro.mau nanyaaaa nihh,. kalo buat online shop lebih cocok pake dakota atau onyx ya?? soal nya ada gosip” dakota ga bs nampung bnyk grupp ==”
    thanks (:

  64. halo bro :)
    thanks ya artikelnya. awalnya juga bingung banget mesti milih dakota atau bellagio. setelah baca2 perbandingan di sini, akhirnya sya putusin buat beli bellagio aja dan sorenya langsung tancap ke toko hp. hehehe
    sya baru pakai 3 hari dan merasa nyaman banget pakainya.
    mgkn krn sya cwek, jd lebih suka model yg lebih kecil dan berlekuk.
    kalau sya cwok sih mgkn sya udah beli yg dakota. hehe
    tapi ternyata harga antara 2 hp itu cukup jauh juga ya, walau perbedaan utamanya hanya di kecepatannya dan bro jg bilang hampir ga ada bedanya.
    sya beli di kota sya harganya 4 jt lebih 25 ribu. lebihnya itu karena warna putih.
    terus pas lagi ada promo juga, jd free 1 buah power bank. ya lumayan lah. krn sya dengar bb kan boros baterai ya.(sya sendiri blm merasakan itu krn pemakaian masih minim, contact bbm juga kurang dari 10 hehehe). jd terbantu juga dgn keberadaan power bank ini. hehehe
    skali lagi thanks banget bro. ulasannya lengkap! :)

  65. ahahahaha aku suka bangettt … really helpful . kebetulan emang lagi browsing2 review Bellagio , krn kepikir buat beli Bella untuk gantiin onyx 1 yang ilaaaaanggg T_T
    terutama soal kameraaa yaaa … tos dulu om, nyoba Dakocan punya mamah aku gak suka hasilnyaa krn kalo dipindahin ke device lain somehow jadi bureks … lebih suka onyx 1 kuu (yang ilang T_T)

    again, thankyou om :)

    • Ooommmmm akhirnya gue punya bellagio niiihhhhhhhhhh
      hehehehehehhe
      ngeliat komen2 diatas, ini review setelah hampir 1 bulan punya si bella (sorry super duper awam banget ) cos gak pernah pake BB sebelumnya.
      ini pun gue pake BB cuma karena boss gue bilang ke rekan kerja yang dah punya grup BB bersama bos gue itu, punya BB itu kesadaran aja, whaaaattttt???? dia kira gue kurang sadar kali ya hadeeuuh.
      Gue cuma gak mau my precious time di ganggu oleh PING! PING! menjengkelkan dan harus bilang YESS BOSS everytime he PING Me hohohohohohohoho
      Uppsss sorry jadi curhat deh
      ini reviewnyan (jangan jadikan acuan lebih dari 0% okei)
      1. Fisik: OK banget, tipis, ada list besi disamping, jadi tambah elegan (gue gak ngerti namanya maka gue pake bahasa list besi ok )
      2. ketahanan baterai: sampai saat ini sehari gue maksimal nge charge batere cuma 2x, minimal 2 jam ngechargenyam dan udah full (kondisi batere warna kuning pas nge charge). pemakaian BB paling cuma buat BBman, browsing, Fb-an (twitter jarang gila), download lagu. tapi biasanya kalo dah penuh, baru buat BBman 15 menit, dah berkurang baterenya :(. Makanya harus sedia power bank
      3. masalah handset yang panas gila, pernah gue alamin, pas buka you tube or viki (nonton serial korea hehehehehe) panas banget, gue gak berani pegang, dan gue taro aja di bantal, takur meleleh ntar tangan gue :D
      4. Keanehan (menurut gue). Bellagio ini kalo lagi di charge, and pas kita mau pake untuk BB-man or apa aja, layarnya gerak sendiri Oomm, kayak di sentuh layarnya padahal sweaaarrrrr gue gak nyentuh track pad even layar. jadi gue serasa kayak illusionist, yang bisa nggerakin benda hahahahaha lebay
      itu kenapa ya, efek aliran listrik waktu ngecharge kah?? (dari colokan listrik) blm pernah nyoba dari power bank. Jadi kayak dia mbuka aplikasi apa gitu, terus milih2 sendiri apa yang mau di centang, hiiiiiii ngeriiiiiiii. Makanya kalo gue lagi nge charge, gak pernah gue sentuh tuh BB, meskipun BOS gue nge PING in gue hahahahahahaha
      5. ngaktifin wikitude gimane om??? ada dimana itu pre installednya???
      hehehehe pingin coba :D

  66. Wahh iya banget nih, mom pake dakota emg payah bgt cameranya, apalagi buat foto yg kulit gelap, serem jadinya .. Lol
    Tp agak sedihnya bellagio lemot bgt -,-
    Makasi bgt reviewnya. Berguna bgt gannn

  67. Bener nih gan batre bella separah itu??? u,u gw ud dibeliin lg dr jekardah le kaltim selasa baru sampe tu brang. Tp hbs baca info dr sini gua ragu gan._. Dibandingkan sm gemini bb gua yg lama tu bgs mana?? Bela atau Gemini(1)??

  68. wkakak reviewnya kocak banget gan. jadi ga bosen bacanya malah ketawa haha. dan review ini berguna banget gan makasih

  69. Jujur Nyaman bener Baca Reviewnya,Walau Agak Telat saya Posting Commentnya…
    Lg Galau Mau pindah k Dacota,Krna Ud Nyaman pake 9790 ud Lama,Infonya cukup-cukup Mmbantu dgn Bahasa ABG jaman skrg :D
    Gan,Posting Dacota VS Q10 dunkz Gan ?

  70. Makasih mas henry,, apa ini petunjuk ya dr kebingunganku milih yg mana. Aku jg suka banget sm bellagio krna autofocus nya

  71. Wah, kayaknya gue ketinggalan info, thanks bro, akhirnya gue pilih bellagio. Soalnya kameranya itu… ada autofocus.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s