Review (Awam) New Blackberry Bold 9900 (Dakota)

Jadi ceritanya gw baru dapet Blackberry Bold yang baru, seri 9900, kode: Dakota.

(Jangan tanya kenapa gw dikasih ini sama RIM ya. Padahal gw gak geek2 amat. Jadi mungkin faktor amalan :p)

OK. Pertama2 disclaimer: gw review ini sebagai orang awam, bukan gadget freak. Jadi ya tentunya reviewnya gak bisa dibandingin juga sama reviewnya Roy Suryo (emang elu mau juga baca reviewnya dia? :D) Yah, pokoknya perspektif orang awam lah. Jadi kalo mau review professionl ya mohon cari sendiri. Kalo ada data teknis yang gw tau, akan gw sertakan sebisa mungkin.

Here we go:

Kesan pertama: Layaknya kenalan sama cewek, kesan pertama fisik itu penting. Gimana dengan Dakota? Biasa aja. Dakota miriiiiip banget sama Bold pertama (9000). Kalau hanya sekilas melihat muka depannya, orang bisa mikir itu Bold 9000 yang lama, sampai ngeliat kalo yang ini pakenya trackpad. Ini foto ‘cantik’ gw ambil dari internet:

Tetapi kalo kita mulai grepe-grepe Dakota, baru ngeliat keunggulan dia. Yang pertama, dia tipis banget, jauh lebih tipis dari Onyx. Kalo mata gw gak salah liat, ketebalannya mungkin hampir separuhnya Onyx, minimal 2/3 nya kali. Ini usaha gw motret ketebalannya. Yang di kanan Dakota, di kiri Onyx:

Secara besar penampang, Dakota lebih besar dari Onyx. Kayaknya sih sama dengan Bold yang 9000. Walaupun kesannya memakan tempat lebih di kantong pria (kalo tas cewek gak efek kali), tetapi ada keuntungannya: keypad dan layar lebih besar. Seinget gw banyak orang seneng Bold 9000 karena katanya ngetiknya enak dengan keypad besar. Nah, sekarang keypad besar itu sudah kembali. Dan emang enak buat yang jempolnya agak gede.

Jadi kesimpulan, secara ‘tampang’ sekilas, Dakota memang bukan model yang mencuri perhatian (kecuali yang pake emang Briptu Eka Frestya). Baru kerasa bagusnya kalo disentuh dan dipegang (Dakotanya, bukan Briptu Eka!!), karena dimensi langsingnya oke. Buat yang merasa ‘tampang’ hape harus cantik, kayaknya sih Dakota bukan model yang pas (menurut gw, Torch putih itu BB paling kece so far. Oh, mungkin akan ditandingi Torch 9810 yang baru. Keren deh, ada sentuhan MacBooknya, metal2 gitu). Oh iya, konon penutup batre belakang Dakota adalah carbon fiber, gak tau bener apa nggak, dan gak penting menurut gw. Next:

Sistem Touch & Type

Sistem bisa touch & type sebenernya udah ada di Torch, jadi bukan hal yang baru. Yang unik mungkin karena ini bukan sliding, jadi awalnya rasanya lucu: Ada keypad full tapi screen di atasnya bisa touch. Tapi surprisingly, gw dengan mudah beradaptasi. Bahkan gw merasa touch sreen ini membantu banget, karena kalau ada menu berbentuk pilihan, kita tinggal menyentuh langsung pilihan kita di layar (tidak perlu ‘scrolling’ pakai trackpad). Personally, gw merasa penggunaan menjadi lebih cepat dengan sistem touch & type bareng ini.

OS 7

Sekilas, tampilan menu dan OS-nya berasa sama dengan Torch. Agak mirip Android, menu bisa diumpetin di bawah, tinggal pake jempol digeser ke atas. Menu ada beberapa kolom : Yang tengah menu ‘all’, di kanannya ada ‘Favorites’, kanannya ada ‘Media’, terus ada ‘Downloads’ (aplikasi downloadan ada di sini), terus ada ‘frequent’ (yang sering digunakan). Terus apa bedanya dengan Torch? Dakota OS-nya SMOOTH BANGET. Gw pernah nyoba Torch dan gerakan menu masih gak smooth (berebet2 gitu), apalagi dibanding iPhone. Bahkan gw merasa smoothness dari menu Dakota sudah comparable dengan iPhone. Mungkin ya.

Jeroan (prosesor dan graphics)

Kayaknya sih, OSnya bisa smooth banget karena jeroannya. Prosesornya aja 1.2 Ghz!! (salah satu yang tercepat di smartphone saat ini kayaknya). Resolusi grafik katanya 24-bit (gw gak ngerti juga). Yang pasti gerakan menu terasa smooth dan fluid. Dan gambar cukup tajam (walaupun gw gak tau dibandingkan dengan AMOLED Samsung gimana. Konon AMOLD itu bagus banget ya?)

Multi-touch Screen

Nah, Dakota juga sudah bisa multi-touch screen (membesarkan gambar dengan dua jari, dll). Kan Torch sudah ada? Betul, tapi seperti OS-nya, gerakan gambarnya sekarang sudah smooth banget. Baik pada saat melihat foto atau web, dengan dua jari kita bisa zoom gambar dengan smooth. Selain itu, multi touch screen ini banyak mempermudah fungsi2 lain. Sekarang gw bisa mendelete foto beberapa sekaligus, dengan menggunakan dua jari (seperti fungsi ‘select’ pakai mouse di PC). Sempet liat di video demo di PS bahwa kita bisa copy paste teks dengan sangat mudah thanks to fitur multi touch ini.

Web

Niat hati sih mau banyak membahas soal web experience, karena konon browser di OS 7 ini 405 lebih cepat dari OS 6, bahkan 100% lebih cepat dari OS 5. Masalahnya ya cyin, namanya operator kita tau sendiri kan?? Jadi gw sih ngerasa biasa aja speed page uploadnya, yang kemungkinan disebabkan operator yang lemot juga. Tetapi lagi2, touch screen membuat browsing lebih enak (jika anda bukan pengguna Torch atau touchscreen phone lainnya). Buat gw yang dulu pengguna Onyx, ya memang browsing experience terasa lebih enak.

Oh iya, sekarang udah bisa buka beberapa browser window sekaligus, dan pergantian antar browser window juga gampang. Tinggal sentuh icon dan milih browser yg mana. Sekilas agak mirip iPad caranya.

Kamera

Oke, buat para banci foto. Gw termasuk orang yang perhatian pada kamera ponsel, walaupun bukan pecinta fotografi. Kamera Dakota sudah 5 MP, yang harusnya lumayan lah kalo hanya buat foto2 unyu gak penting, atau foto liburan/ketemu seleb. Ada lampu flash LED standar. Terus punya fasilitas ‘face detection’ segala lho, plus ‘scene options’, udah kayak kamera pocket canggih. So far kedengerannya canggih kan?

TETAAAPIIIIII…….

Sampailah kita di fakta yang aneh bin ajaib. Kameranya TIDAK ADA AUTO FOCUS! Bahkan Onyx punya Auto-focus. Gw nyadarnya waktu nyari option ‘close-up’ sudah nggak ada. Nah, untuk mayoritas pengguna biasa, mungkin ini tidak terlalu efek, karena foto2 jarah jauh dan sedang tidak akan terpengaruh. Tetapi akibatnya, gw udah nggak bisa foto jarak dekat lagi (misalnya: foto artikel/gambar di koran/majalah dari dekat). Dan ini gw sayangkan. Berikut contoh2 foto dari Dakota: jarak jauh, jarak sedang, dan jarak dekat. Foto langsung diupload, tidak dimanipulasi digital dulu.

Perhatikan foto terakhir kabur, karena tidak ada auto focus.

Seperti gw bilang, buat mayoritas orang kamera Dakota kayaknya sudah memadai banget. Tapi buat gw yang kadang2 suka foto obyek dekat (biasanya ada artikel/tulisan atau benda lucu yang mau gw upload di Twitter), faktor ini agak mengganggu.

Tetapi kekecewaan gw akan fitur autofocus yang hilang ini terkompensasi oleh hal lain. VIDEONYA JUARA. Videonya bahkan sudah bisa resolusi HD (High Definition) 1280 x 720. Dan hebatnya lagi: dalam rekaman dengan resolusi maksimal, saat kamera di”panning” (digeser ke samping kiri atau kanan), gambar tidak pecah atau “tertinggal”. Jujur gw salut dengan kameranya. Untuk sekedar home video (merekam anak kecebur kolam, teman2, asal jangan merekam hubungan intim!) kamera Dakota sangat memuaskan. Ini juga kayaknya berhubungan dengan prosesor dan graphics hardware yang udah oke.

Jadi masalah kamera ini memang agak mixed-feeling buat gw. Agak kecewa soal autofocus, tapi happy dengan videonya.

Memory

Dakota sudah dilengkapi memory internal 8GB (itu gede jek buat ukuran hape), dan tentunya masih bisa ditambah MicroSD lagi.

Hal2 kecil lain:

Apa lagi ya? Batere jujur gw belum tahu, baru juga megang 4 jam, jadi masih wait and see. Tapi chargernya menyenangkan. Pertama, kabelnya merangkap kabel USB data, jadi udh gak ribet dengan kebanyakan kabel. Kedua, ukuran kepala charger kecil banget (asli, bisa2 dikira adapter colokan!) Jadi buat para pendekar mobile yang kemana2 harus bawa charger dan kabel data, hal ini lumayan lah.

(chargernya kecil banget ya)

Apa lagi ya? Video playback formatnya udah komplit kayaknya: wmv, avi, mp4, m4a, m4v, 3gp. Foto juga bisa buka tif! Bukan Tif Sembiring tentunya!

Soal aplikasi2 untuk OS7 ini, jujur gw gak tahu juga. Jadi we will see deh kalo udah keluar ya. Yang pasti udah ada Documents To Go, jadi mau cek2 Powerpoint udah langsung bisa. Terus ada aplikasi Kompas jg (Kompas penunjuk arah mata angin nyet, bukan koran!), lumayan buat nyari arah kiblat.

Kesimpulan (awam)

Jadi sebagai pengguna awam, ini kesimpulan gw: Dakota cocok banget buat hardcore BlackBerry fans, khususnya segmen yang butuh smartphone untuk support pekerjaan dengan fasilitas multimedia yang memadai (tapi nggak spekta). Kalo kalian rasanya mau mati tanpa BBM dan hobby BM ‘Test Contact, please ignore’, ya Dakota ini sangat layak buat upgrade BB yang sekarang. Prosesor kenceng, OS7 nya oke, memory besar. Tetapi untuk pecinta BB yang mementingkan desain, Dakota memang ‘tampangnya’ biasa aja. Makanya menurut gw ini cocok buat pengguna smartphone professional yang lebih mementingkan performa/jeroan. “Inner beauty” gitu deeh 😀

Pencari layar lebar segede iPhone atau Galaxy II , atau yang maunya BlackBerry design cantik, kayaknya bukan targetnya Dakota ya. Begitu juga gamer atau yang suka foto-foto belaga profesional.

Yah gitu aja deh dulu yak. Kalo ada temuan2 baru gw twit aja deh 😀 Thanks for reading!

Baca juga:

Review Awam Samsung Galaxy Note 2

Review Awam Sony Xperia Z

Review Awam Sony Xperia Z Ultra

Review Awam Galaxy Grand 2

Review Awam Android One Nexian

Categories: Review

56 Comments »

  1. A very great review from a self-proclaimed non-geek, bang Henry. Saya juga lagi megang Dakota nih, bener videonya juara banget. Oya, punya saya barang pinjeman sih, hehe.

    Have good times ahead with your brand new BlackBerry smartphone 🙂

  2. Nice light review on Bold 9900 Dakota..

    Memang minusnya Dakota hanya di auto-focus kamera. Tapi untuk penggemar berat texting (BBM, YM) Bold 9900 ini akan menjadi the next blackberry “sejuta umat”.

    Personnally, gw sendiri prefer storm series (Monza 9860) tapi masih harus lihat tombol2 baru dengan design yang agak berbeda dari storm sebelumnya (9520/9550).

    Semoga Dakota-nya bisa bermanfaat dan mungkin tidak lama lagi akan keluar OS7 Hybrid di http://www.indobb.com yang bisa meningkatkan performance blackberry kita ke depan..

  3. thanks bro Henry,,,
    gw br beli dakota today, gw otak atik nih kamera buat autofokus nya setengah mati… eh ternyata ga ada toh! bisa ga ya diakalin supaya autofokus ? settingannya kah ? atau ada software/aplikasi khusus gitu ?

    • Bad news bro. Gak akan bisa 😦
      Autofocus itu hubungannya sama hardware, lensanya bisa maju mundur. Onyx punya autofocus, tapi Dakota nggak 😦

      Emang ini aja kelemahan Dakota. Tapi videonya bagus. Cobain deh.

  4. Batre dakota jg boros, krn specsnya di bawah onyx, bahkan bold yg lama (gw denger). Kita mesti pinter tau tips2 menghemat batre..

  5. Bang Henry, review ya oke banget loh. Kebetulan saya juga lagi mempertimbangkan untuk beli dakota. Btw apakah batere-nya boros?
    Thanks 🙂

  6. Mau nanyak ni..q kan beli dakota…di bbm foto pp q koq gak bisa dibaca temen lain ya.q bisa lihat foto pp temen2 lewat dakota.tapi pp q gak bisa muncul ppnya.knapa ya tu..thx

  7. Mas, jd utk kerja dan pemakaian sehari hari tanpa mementingkan design itu : Dakota yg lbh bagus kah mas ? Sy bingung mau pilih Dakota atau Monza. Mhn petunjuk nya ya mas.

    • Dakota itu specnya paling tinggi dari semua BB saat ini. Keyboardnya juga konon design terbaik (besar dan nyaman). Monza itu full touch screen. Cakep buat multimedia, tapi buat ngetik gw lebih suka kalo ada keypadnya 🙂

  8. bung henry, mnrt ente lbh bagus mana y 9800 atau 9900? soalnya ane sih lg pake 9800 tp lg ngelirik sih ke 9900, mau nanya suhu dlu deh bagusan mana, pencerahannya donk 😀

      • oke deh makasi masukannya bung henry
        oia btw selama henry pake dakota, prnh ada problem gk? seperti bb nya suka jam pasir gt? trs untuk pemakaian biasa (just social network) batre cpt abis y? memori internal nya besar kn y, jd bs muat byk ? 😀
        mohon masukannya lagi y bung henry 😀

  9. mauu tanya dong mang kloo dakota itu suka ngerestart2 sendiri ya klo nerima BBM???
    dah ada 2 org temen gw yg crta ke gw kaya gtu…kepingin beli jadi galau sendri hee…
    klo torch 2 (9810) ada auto fokus nya ga??
    lw tw ga pa kelemahan 9810??
    butuh recomen nih .. lagii bener2 bingung ..heehee..
    thx ya sebelumnya…

  10. mauu tanya dong mang kloo dakota itu suka ngerestart2 sendiri ya klo nerima BBM???
    dah ada 2 org temen gw yg crta ke gw kaya gtu…kepingin beli jadi galau sendri hee…
    klo torch 2 (9810) ada auto fokus nya ga??
    lw tw ga pa kelemahan 9810??
    butuh recomen nih .. lagii bener2 bingung ..heehee..
    thx ya sebelumnya…

    • hahhaha.. blackberry tahun 2011. parah nih. segitunya sama hp beginian. lucu ya jaman dulu saat blackberry masih dalam masa keemasan

  11. oom numpang nanya butuh bgt infonya, saya baru sadar dakota saya ga ada CD Drivernya, apa emang ga disertakan dalam pembelian atau memang saya lupa nyimpen ya -_- mohon reviewnya oom

  12. Mampus Dakota jelek abis Jek!! Gw baru beli belom ada sebulan udah eror (apa tuh namanya jeven error?? ) Dan harus install software dari awal, semua data hilang tidak bisa diselamatkan. Waktu klaim dakota ini, di counter klaim banyak sekali yg klaim dakota, semua rata2 dakota dgn kerusakan yg beda-beda. Ada yg katanya udah diganti handset 3x masih suka eror, akhirnya dia jual T_T!
    Setelah instal software, dinyalakan taunya LCD bergoyang. Akhirnya gw klaim minta ganti unit! Rugi bandar beli dakota. Setelah instal software pun, BBM lemot abis dibuka. Padahal katanya proccesor 1,2 ghz? Jangan beli deh dakota, Nothing’s istimewa. Terutama kamera nya, sangat2 memalukan , tidak sebanding dengan harganya yang 5,99jt (pas gw beli)

  13. Udah mau berangkat beli Dakota, eh ternyata ga auto-focus ya??

    Dakota CACATTTTTTTTTTTTTTTTTT banget… Guoblok RIM

  14. yaah,baru baca review ini. pdhl suami sdh pesan dan bayar dakota sbg hadiah valentin. hmm,kira2 gmn yah mas piring, caranya spy dakota ngga mudah “heng” (spt onyx ku yang udh 2X di repair krn suka heng dlm 6bln). trus gmn caranya hemat batere yang ubah 2G ke 3G,tolong ajarin yah mas. trims

  15. Ulasan yg menarin, review ringan dan sy rasa pembacanya juga tidak terlalu bosan, terutama ditampilkan beberapa foto yg bisa sedikitnya menggambarkan sesosok ponsel tersebut…

    Sedikit info, sy jg pengguna dakota kurang lebih sudah 7 bulan, sy tidak terkejut dengan battery yg boros, krn sy awalnya mempergunakan bold 9000, dan akhirnya saya sekunderkan bold 9000 (tetap dipergunakan), krn menyadari battery boros, akhirnya sy beli batt watson dengan desktop chargernya. Sy sangat puas dengan performa Dakota, smooth bgt (benar bgt ulasannya), touchscreen sangat membantu, camera oke (walau kurang AF), multi-tasking sudah mantap, os 7 terbaru officialnya jg sedikit membantu untuk daya tahan battery, body rampingnya sangat menyenangkan namun beberapa case/pelindung terpaksa sy cadangkan untuk menjaga kerampingannya…

  16. Ada toko online yg kasih harga cuma 2,3 jt utk BB Daccota ……,kt nya sih lg promo. Apa betul gk tuh mas ? Ori apa Rekon gk tu ya?

  17. Beli bb dakota setelah bb stormnya digasak maling…dan menyadari kemudian bahwa dakota ga ada auto focusnya, asliiii kecewa bgtttt…padahal dari sekian bnyk kelebihan yg gw rasain dari bb dakota, tinggal itu aja yg MENGGANGGU….kenapa ya dibikin nanggung gitu???? Pdhl kan auto focus penting bgt utk kirim data/bukti transfer/copy KTP dll- dengan objek yg kecil namun harus jelas terbaca- menggantikan fungsi “Scanner” sementara, tinggal kirim sbg attachment email…aduuuhhh koook ya tinggal dikit lagiii buat jdi sempurna…

  18. sorry gan w mau nanya kenapa bold 9900 kalau di isi sama memori 32gb langsung lek yaaaaa……………

    padahal ram yg di punya cukup besar……….

    end 1 lagi kenapa amstrong bisa make 32gb sedangkan bold 9900 gk bisa yaaaa………..

    tolong petunjuk nyaaaa yaaaa…………..

  19. ҺɑҺɑҺɑ Gua suka bahasa u gan.. Bikin ketawa sndr.. Ga seberat bahasa na Roy Suryo . Hehehe… Btw, it’s nice info.. Thank’s

  20. Iya nih, ngotak ngatik nyari option autofocus, eh ternyata kaga ada… Padahal butuh banget fitur autofocus nih. Tp udah terlanjur beli, Чα”̮ udah dinikmatin ajaaaah 😀

  21. gan gua mau tanya . casing gua jan udh banyak baret2 . keypad nya ada yg harus di teken kenceng baru masuk hurufnya . nahh gua mau beli casing baru + keypad semua lah .. kira2 ada kan ? nah dimana kira2 jualan di bogor ? makasih gan 😉 gua harap lu bisa bantu ;))

  22. Saya baca di tempat lain. Katanya bb dakota 9900 ga bisa buat angkat ato tolak telepon ta boss?? Mohon pencerahannya

Leave a comment