Review Awam Samsung Galaxy Grand 2

Standard

Di dalam perang smartphone, berita umumnya didominasi oleh model2 flagship, seperti iPhone 5S, Samsung Galaxy S5, Sony Xperia Z. Tetapi seperti kita, model flagship juga merupakan model ter-MAHAL dari sebuah merek. Di model tersebut spec tertinggi dibenamkan, fitur-fitur inovasi terakhir diperkenalkan, dan design tercantik digunakan. Masalahnya ya itu, harga termahalnya otomatis membuatnya tidak bisa dimiliki banyak orang dengan budget yang terbatas.

Di bawah model flagship, justru terdapat kategori mid-range yang dibeli lebih banyak orang, tetapi biasanya tidak mendapat banyak liputan karena bukan yang TER-sexy, atau yang TER-canggih. Kali ini justru gw pengen mereview (secara awam), salah satu model mid-range tersebut, yaitu Samsung Galaxy Grand 2. Karena menurut gw, model ini layak dikenal banyak orang mengingat faktor value for money yang bagus.

Jadi alkisah, akhirnya gw harus membeli smartphone dengan uang sendiri, setelah sebelumnya menggunakan model flagship tapi gratisan (uhuk, kode nih buat donor…) Awalnya gw semangat mau membeli Galaxy S5, terus pas liat harganya mulai ciut.Bahkan dengan cicilan 12 bulan pun, gw pribadi merasa gak rela membayar segitunya untuk sebuah smartphone.

Terus gw juga consider Galaxy Note 3 Neo, karena versi “lite” dari Note 3 (dan lebih murah). Liat harganya, hmm, oke, mikir2 dulu. Dan kemudian “turun lagi”, gw menemukan si Galaxy Grand 2, “sekuel” dari Galaxy Grand yang cukup populer. Harganya yang mid-range, (Rp 3.99 juta di akhir April 2014) cukup menarik (kurang dari separuhnya S5), dan setelah melihat spec-nya, hmmm kayaknya lumayan banget untuk harganya. Jadilah gw “menikahi” Grand 2 untuk saat ini.

Setelah 2 minggu pemakaian, berikut adalah review awam gw. Sama seperti review2 awam gw sebelumnya, ini murni review sebagai konsumen biasa, jadi tidak akan mendetail dan teknis. Sekali lagi, ingatlah bahwa Grand 2 adalah model mid-range dengan harga kurang dari separuh model2 flagship. Ini penting sebagai konteks.

Spesifikasi dasar

Grand 2 mendapat prosesor Qualcomm Snapdragon Quad Core 1.2 GHz. Denger2, prosesor Snapdragon lebih disukai mereka yang geek banget (dibandingkan Exynos, misalnya). Kalo bener, artinya “otak”nya Grand 2 ini lumayan banget.

RAM 1.5 GB, yang juga lumayan, mengingat S5 masih menggunakan RAM 2GB, sehingga tidak teralu jauh.

Display 5.25 inch. Cukup besar mengingat tradisi Galaxy Grand memang harus layar agak besar. Sebenarnya ukuran segini jadinya sudah tidak besar lagi di antara model-model flagship. Sebagai perbandingan, S5 saja sudah 5.1 inch, Xperia Z2 sudah 5.2 inch. (Hanya iPhone 5S yang aja yang masih basi dengan layar 4.2 inch….)

Resolusi. Nah, di sini baru terlihat feel mid-rangenya. Grand 2 “hanya” memiliki resolusi 720 x 1280, dengan kepadatan pixel 280 ppi (pixel per inch). Bandingkan dengan flagship seperti S5 atau Z2 dengan 1080 x 1920 (dengan kerapatan 440 ppi dan 424 ppi). Grand juga menggunakan layar TFT, sementar S5 Super AMOLEH. Dengan harga separuh model2 tersebut, ya jangan ngarep resolusi sama dong. Tetapi percayalah bahwa 280 ppi milik Grand 2 sudah sangat tajam dengan warna yang sudah mumpuni (16 juta warna) . Gw saranin lihat sendiri di display toko.

Internal storage: 8 GB, versus S5 yang 16 GB. Bagi mereka yang tidak banyak menginstall game2 “berat”, sebenarnya 8 GB sudah cukup. Untuk urusan menyimpan film, foto, jangan khawatir, karena tersedia MicroSD slot untuk ekspansi sampai 64 GB.

Dual SIM Card. Grand 2 menyediakan 2 slot SIM Card. Gw sendiri belum pernah menggunakan fitur 2 nomor di satu handset, dan awalnya gw gak ngerti apa gunanya (selain kalo elu pacarnya dua). Tetapi gw membaca bahwa keuntungan dual SIM Card adalah saat traveling ke luar negeri, karena praktis kita bisa membeli nomor negara tujuan tanpa harus mencopot nomor rumah. Masuk akal juga sih.

Penampilan.

Oke, setelah spesifikasi dasar, kita mulai dari tampang.

Galaxy Grand 2 ya tampangnya…Samsung banget. Dengan body plastik dan design yang sangat khas Samsung, tidak ada hal yang benar2 baru secara design.

IMG_1154

Cover belakang Grand 2 sudah menggunakan motif “mirip kulit” yang pertama kali digunakan di Note 3. Secara fungsi, motif ini lumayan membuat Grand 2 tidak terlalu licin di genggaman.

Motif "mirip kulit", lengkap dengan efek "jahitan" di tepi

Motif “mirip kulit”, lengkap dengan efek “jahitan” di tepi

Sebagai catatan, cover belakang Grand 2 bisa dilepas, dengan baterai yang bisa diganti. Mungkin hal ini penting bagi beberapa orang.

Lumayan tipis (8.9 mm), dengan bezel chrome

Lumayan tipis (8.9 mm), dengan bezel chrome

Grand 2 masih terasa nyaman digenggam satu tangan, walaupun untuk pengoperasian rasanya lebih nyaman dengan dua tangan. Grand2 menyediakan one-hand operation mode, di mana keyboard diperkecil dan diletakkan di pinggir kiri/kanan, tapi gw sendiri tidak tertarik mencoba.

Display 5.2 inch itu sebenarnya terlalu besar, pas, atau malah terlalu kecil? Ini bener2 subyektif jawabannya. Gw pribadi menetapkan zona ideal sebagai antara 4.7 – 5 inch. Sebenarnya pertimbangannya lebih ke nyaman dimasukkan ke kantong celana, karena (kebanyakan) cowok menaruh hape di saku celana (tidak seperti wanita yang ditaruh di tas). Kalau layar besar, body besar, maka tambah susahlah si hape masuk ke dalam celana pria, terutama karena bersaing rebutan tempat dengan “si anu” (KUNCI MOBIL/MOTOR/RUMAH MAKSUDNYA WOY!).

Tetapi di luar isu di atas, layar 5,2 inch yang enak lah. Browsing besar, liat foto di Path jadi tambah gede, liat-liat foto jadi nyaman, dan otomatis keyboard virtual jadi tambah besar untuk mereka yang jempolnya agak bongsor mutan begitu.

IMG_1157

Jadi gimana kesimpulan soal design? Gw adalah orang yang tidak terlalu memperhatikan design, jadi menurut gw Grand 2 ya baik2 saja. Grand 2 bertampang “sangat Samsung”, dan apakah ini bagus atau tidak menjadi selera pribadi. Banyak orang yang mengeluhkan “bodi plastik” Samsung, tetapi gw pribadi tidak pernah merasa ini masalah besar. Jadi ini terpulang ke selera masing2. Gw kebetulan kurang perduli dengan body luar, lah gw pake baju aja masih sering gak matching :D.

Performa

Kalau gw gak perduli body dan design, sebaliknya gw sangat perduli dengan performa. Awalnya gw was-was, apakah produk mid-range bisa memiliki kinerja yang baik, dan ternyata gw puas banget.

Masih menggunakan OS Android Jelly Bean, Grand 2 terasa SANGAT smooth dalam pengoperasian, tidak terasa lagging sama sekali. Prosesor quad-core, dengan RAM yang lumayan tampaknya membuahkan hasil. Menjalankan aplikasi2 populer seperti Facebook, Twitter, Path, WhatsApp, BBM, Line, Google Map, Gmail, dll, terasa mulus..lus…lus. Grand 2 terasa responsif, bahkan saat membuka banyak aplikasi sekaligus Dalam hal performa gw SANGAT puas, mengingat harganya yang bersahabat.

Multi-screen

Grand 2 diberikan kemampuan fitur multi-screen yang pertama kali diperkenalkan Samsung di Galaxy Note 2. Bagi yang belum pernah menggunakan fitur ini mungkin merasa tidak ada gunanya. Tetapi gw yang sudah menggunakannya sangat merasakan kegunaannya. Kita bisa membaca email undangan teman, dan di screen yang sama membuka Google Map untuk mencari lokasi. Atau sambil membaca Twitter kita bisa browsing. Tentunya fitur multi-screen ini hanya makes sense di smartphone layar besar seperti Grand 2.

Screenshot_2014-04-27-11-30-20

Side bar bisa ditampilkan untuk memilih aplikasi kedua yang akan dimasukkan dalam multi screen

Menikmati multiscreen. Misalnya membaca email sambil mengecek Google Map.

Menikmati multiscreen. Misalnya membaca email sambil mengecek Google Map.

Untuk harga mid-range, fitur multiscreen ini sangat menyenangkan. Ketika sebelumnya fitur ini hanya bisa dinikmati di model2 mahal dari Samsung, sekarang bisa kita jumpai di Grand 2.

Kamera

Bagi gw kamera adalah fitur penting dari smartphone. Grand 2 diberikan kamera belakang 8 MP dan kamera depan 2 MP. 8 MP seharusnya sudah sangat cukup untuk sekedar foto sehari2, liburan, untuk diupload ke social media. Sebagai catatan, Grand 2 sudah memiliki beberapa mode foto yang sebelumnya hanya dimiliki model yang premium. HDR, Best Face, Best Shot sudah tersedia di dalam mode foto Grand 2. Bagi yang merasa kurang kece, sudah ada juga “beauty shot” yang memberi efek botox dan tanam benang gratisan…. :D

Pilihan2 mode foto

Pilihan2 mode foto

Kamera cukup snappy, artinya sesudah menekan shutter kamera sudah siap lagi dalam waktu cepat (bahkan dalam pilihan resolusi tertinggi). Untuk review sesudah memotret terasa ada lag sekitar 2 detik. Memang tidak bisa dibandingkan dengan model2 flagship, tetapi secara umum sudah sangat memadai.

Berikut adalah sample foto Grand 2 di situasi yang berbeda, tanpa editan.

Foto outdoor

Foto outdoor

Foto obyek jarak sangat dekat. Gak tau deh udah macro atau belum.

Foto obyek jarak sangat dekat. Gak tau deh udah macro atau belum.

Foto sunrise

Foto sunrise

Foto indoor, tanpa flash

Foto indoor, tanpa flash

Foto indoor, tanpa flash. Menurut gw lumayan banget warna dan detailnya

Foto indoor, tanpa flash. Menurut gw lumayan banget warna dan detailnya

Foto indoor, low-light, tanpa flash, fungsi HDR aktif

Foto indoor, low-light, tanpa flash, fungsi HDR aktif

Foto indoor, pakai flash. Lumayan warna kulit gw gak jadi aneh :D

Foto indoor, pakai flash. Lumayan warna kulit gw gak jadi aneh :D

Sekali lagi, untuk harganya, gw sangat hepi dengan kamera Grand 2. Tentunya jangan dibandingkan dengan hasil kamera S5 atau Xperia A yang sudah belasan megapixel. Tetapi untuk dokumentasi hidup sehari-hari dan social media, sudah terasa sangat memadai. Gw belum mencoba merekam video, tetapi sebagai informasi Grand 2 sudah bisa mereka Full-HD (1080p) dengan 30 frame per second. Jadi harusnya sudah lumayan banget, yang penting space di SD Card cukup. :)

Bisa main game gak sih?

Membahas game, tentunya kita langsung saja fokus ke kemampuan menjalankan game “berat”, misalnya seri Asphalt. Kalo game2 cerek yang gak menuntut memory, 3D graphics rumit seperti model Flappy Bird sih gak usah dibahas lah ya.

Nah, tadinya gw agak memandang rendah kemampuan Grand 2 menjalankan game Asphalt 8. Pikir gw, duh smartphone mid-range aja ngapain sih main game berat? Nanti crash atau lagging/stutter lagi. Tapi karena penasaran, gw install aja deh Asphalt 8, buat nyobain.

Surprise, surprise! Grand 2 kuat bo’ ngejalanin Asphalt 8. Loading game tidak terasa lama, dan performa gameplay sangat memuaskan. Bener2 hampir tidak ada lagging sama sekali, itu pun harus diniatin dicermatin untuk nangkep kalau ada lag atau tidak. Kalaupun ada hanya cepat sekali dan tidak mengganggu jalannya permainan. Performa smooth ini bahkan bertahan ketika di layar sedang “ramai” sekalipun (obyek2 background ataupun banyak mobil lain). Lagi2 prosesor Snapdragon dan RAM 1.5 GB terbukti mampu menghadapi game 3D berat sekelas Asphalt 8 juga.

Asphalt 8 mulus di Grand 2

Asphalt 8 mulus di Grand 2

Jadi menyangkut aspek gaming, gw cukup puas dengan Grand 2. Gw sudah berprasangka jelek mentang2 hanya smartphone mid-range gak bisa mainin game berat, dan ternyata gw terbukti salah.

Baterai

Bagaimana dengan baterai? Ini adalah pertanyaan yang kerap ditanyakan para fakir colokan. Baterai Grand 2 memiliki kapasitas 2,600 mAh. Bagaimana pengalaman gw menggunakannya? Selama dua minggu ini, dengan ditambah aplikasi penghemat baterai “2x Battery”, rata2 sekali charge sudah cukup untuk kegiatan selama sehari. Rata2 gw cabut colokan jam 6 pagi, dan Grand 2 baru benar2 habis jam 8-9 malam dengan pemakaian yang menurut standar gw “sedang” (yang artinya bertahan 12-15 jam sekali charge, untuk penggunaan cara gw). Soal baterai memang susah menggunakan pengalaman seseorang sebagai standar, karena cara penggunaan yang berbeda2. Tetapi sebagai perbandingan, sebelumnya gw pernah menggunakan Xperia Z (dengan Stamina Mode aktif dan ditambah aplikasi “2x Battery”), dan gw bisa berkata Grand 2 signifikan lebih bertahan lama secara baterai.

Bonus point: Smart case

Saat membeli Grand 2, gw juga tergoda membeli Smart Case resmi untuk Grand 2. Hal ini karena kagum dengan prinsip smart cover dengan “jendela ngintip” yang bisa dioperasikan secara sentuh. Artinya saat telepon masuk, kita bisa menjawab tanpa membuka flip cover tersebut. Selain itu, display saat flip cover ditutup menyesuaikan, dengan menunjukkan jam dan notifications. Bahkan kita masih bisa mengendalikan music player saat flip cover dalam keadaan tertutup.

Selain itu, materi smart cover asli Grand 2 terasa mewah, dengan bahan kulit imitasi yang benar2 terasa seperti kulit. Buat gw selain faktor estetika, cover ini juga membantu melindungi screen. Soalnya gw gak suka pake screen guard yang seperti stiker transparan, karena rasanya kualitas display jadi menurun/sedikit burem.

Oh iya, “jendela” di smart cover ini designnya sedemikian rupa, sehingga saat dilipat ke belakang lensa kamera persis berada di baliknya, Artinya, saat memotret cover bisa dilipat ke belakang dan kita memotret biasa, tidak perlu dilepas “klewer-kleweran” seperti dengan cover yang tidak memiliki jendela. Tentunya pastikan jendela cover dalam keadaan bersih bebas sidik jari, kalau tidak hasil foto jadi terpengaruh.

Pendapat gw, smart cover Grand 2 ini investasi yang bagus banget, baik secara fungsional maupun estetika. Kalau kamu membeli Grand 2, layak dipertimbangkan deh.

Smart cover resmi Grand 2. Perhatikan display berubah menyesuaikan

Smart cover resmi Grand 2. Perhatikan display berubah menyesuaikan

IMG_1162

Dengan smart cover resmi, bagian belakang Grand 2 jadi enak dipegang dan terlihat mahal

Gw suka detailing dari smart cover Grand 2 ini. Good quality

Gw suka detailing dari smart cover Grand 2 ini. Good quality

Kesimpulan

Galaxy Grand 2 adalam sebuah smartphone mid-range. Dengan harga Rp 3.9 juta (akhir April 2014), Grand 2 jauh lebih murah dibandingkan segmen premium seperti S5, Xperia Z, ataupun iPhone 5S. Dengan perbedaan harga seperti itu, tentunya kita tidak bisa mengharapkan spec dan fitur tercanggih untuk Grand 2. Tetapi untuk harganya, buat gw Grand 2 sangat good value for money. Secara keseluruhan, prosesor, memory, kualitas kamera, kinerja OS, daya baterai, dan gaming sudah terpenuhi dengan memuaskan.

 

Jadi Grand 2 cocoknya untuk siapa?

Kalau elu tidak mencari fitur2 ajaib terkini (sensor sidik jari, sensor detak jantung, anti air, kamera 4K, dll), sudah cukup puas bisa browsing, social media, foto yang bagus,main game, dan tidak gengsian harus menggunakan model yang paling top, tipe yang gak memusingkan design, maka Grand 2 bener2 layak dipertimbangkan deh. Dia adalah all-rounder yang sudah memadai. Untuk gw ini semua sudah bikin happy. Dan kebetulan gw tipenya tidak terlalu memusingkan design dari sebuah smartphone, karena buat gw kinerja lebih penting, dan Grand 2 sudah memberikan itu, dengan harga yang sangat reasonable.

Oh iya, kalo elu pengguna dual SIM card, mungkin untuk urusan kerjaan, bisnis, atau manajemen gebetan, maka Grand 2 juga kandidat yang kuat.

Sebaliknya, kalo elu mencari smartphone dengan design yang unik, modern, atau body yang harus metal, maka kemungkinan tidak akan cocok dengan Grand 2. Atau kamu mencari inovasi, spec, dan fitur tercanggih, ya memang sebaiknya memilih model flagship. Tentunya dengan konsekuensi harga yang tinggi juga.

 

Sekian review awam gw. Semoga membantu yang lagi mencari smartphone! :)

 

About these ads

78 responses »

  1. Pingback: Review (Awam) New Blackberry Bold 9900 (Dakota) | The Laughing Phoenix

  2. Pingback: Si Gede Item. Review Awam Galaxy NotePRO 12.2 | The Laughing Phoenix

  3. Pingback: Review Awam Sony Xperia Z | The Laughing Phoenix

  4. Pingback: Review Awam BlackBerry Z10 | The Laughing Phoenix

  5. Pingback: Review Awam Samsung Galaxy Note 2 | The Laughing Phoenix

  6. Pingback: Dakota vs. Bellagio: Ketika Cinta Harus Memilih | The Laughing Phoenix

  7. Waah mantep jg ya om..
    Gw skrg pake Grand yg pertama jg udah puas puas, & emg value for money bgt. Tp kayaknya Grand ke Grand 2 ga jauh beda untuk penggunaan gw sehari2, jd yah walaupun ngiler2 ga akan bela2in ganti dlm waktu dekat. Nunggu harganya turun dulu aja kali ya :P
    Nice review!

  8. Huwaaa
    Jadi sedikit tergoda mau beli ini….
    Padahal lg rencana buat beli galaxy note series.. Ngiler stylus (s-pen)nyaa…
    Dan emang smart casenya keren. Warnanya ga catchy
    Duh… Nunggu blekberi z3 keluar aja deh.. #LOH

    • Begini, Core memang murah jauh dibanding Grand 2, tapi ya itu, ada uang ada barang. Core terasa lagging kadang2, dan pasti gak kuat running game yg berat. Ini karena Core masih dual core dengan memory hanya 1 GB.

      Kalo ada budget, gw merasa Grand 2 jauh lebih bagus value for moneynya. Bener2 performanya memuaskan untuk mid-range.

      Semoga membantu :)

  9. Gan mohon infonya,di grand 1 dulu sy ngalamin ketika sim 1 online dipake browsing,maka sim 2 ga bisa ditelpon,apakah grand 2 juga begitu? sy perlu banget dual sim tapi takut kaya gitu

  10. gan, smart casenya sensitif gak? yang ane kok susah ya nge-slidenya dilayar intip kalo ada telepon masuk gitu. jadi tetep harus buka flip cover dah. apakah perlu setingan2 didalemnya?
    thx.

  11. Hi om piring,
    Thanks buat review awamnya, kebetulan saya sedang nyari smartphone & sepertinya akan menjatuhkan pilihan ke galaxy grand 2 ini. Tapi pertanyaan saya, apakah grand 2 ini banyak aplikasi bawaannya? Krn terus terang saya cukup terganggu dng aplikasi bawaan handheld yg tdk bisa di delete, apalagi jika aplikasi tsb saya rasa kurang penting (menghapus aplikasi tsb tentunya harus melalui proses root yg berakibat garansi void)
    Thanks.

  12. Jadi pengen beli. Tadinya pengen oppo r1. Kamera depannya bagus bgt.
    Bisa review kamera depannya grand 2 gak? Indoor atau outdoor. + kurang cahaya gimana? Makasih ya

  13. Mas saya sudah pakai ini hp kurang lebih satu minggu. layarnya pakai jenis layar apa ya, apakah sudah memakai gorilas glass ? karena saya tidak memakai anti gores apapun, apakah mudah akan tergores??
    terimaksih!

      • mas henry bli grand 2 nya di mana & nama tokonya apa ?coz saya kmrn ke global teleshop barangnya kosong, tanya sama salesnya blm tau kpn barangnya ada katanya inden gt (semua global teleshop grand 2 nya kosong) tp saya blm nyoba ke toko2 lain, maklum mindset saya klo bli hp selalu di global teleshop.

      • Saya beli online di lazada G7102 warna hitam harga 3593000, dan stok masih banyak….?

  14. di global mana mas?sya kmrn ke global dkt kantor di kokas, iya mas sya penasaran sya tlp ke global lainnya jg kosong, punya referensi toko lain ga mas selain global?

  15. mau tanya dong gan, kalo untuk data di grand 2 pakai yang sim brapa yah? katanya bisa switching 3G karna dua dua nya sudah 3G. Bener gak tuh gan?

  16. saya juga pake Grand 2 Om Piring *tossss*
    Value for money bgt aplg beli sama tetangga yg punya konter HP 3,7 aja (april 2014) :)

  17. mas henry, kebetulan saya lagi mau cari geek. nah saya bingung antara grand 2 & vibe x. klo dari segi layar sih bagus vibe x, dari tenaga pun vibe x, dan kamera ttp bagus vibe x. dengan harga yg hampir sama, vibe x gk support microSD. mas ada saran gk? saya hobi banget maen game HD
    thx bang

  18. reviewnya sangat membantu om. saya udah lama ngincer ni hp, sejak dia belum masuk indonesia, dan makin yakin buat beli ini #tapinungguTHRdulu xD

    thanks…

  19. sedikit tambahan utk sim 1 dan sim 2 bisa kita atur mana yg utk call dan mana yg utk data internet….serta tetap bisa menerima panggilan telepon masuk saat sedang aktif data internet….utk urusan penyimpanan sangat flexibel mau di internal maupun external sd card gampang di pindah-pindahkan

  20. Selamat malam om. Om piring, sy mau tnya. Knp sy tdk bs masuk ke google playstore d galaxy grand 2 sy y om😭sampai sy ganti email 3x, & email yg ke 3 sy buat baru. Padahal sdh pke wifi. Mohon pencerahannya 😯

  21. Numpang nanya yg bangg..
    Pke grand 2 suka panas gk ne hp bang..
    Coz di pke brows n online fb hp ny panas n boros ya..

  22. Om, mau nanya kalau om biasa ngecharge dari battery 15% sampai full dengan posisi mobile data mati bisa berapa lama waktu chargenya?
    Soalnya aku pakai grand 2 sebulanan ini waktu chargenya suka ga tetep bisa kadang 3 jam atau kadang 5 jam lebih. Thank you om😊

  23. Mas charge grand 2 nya brp lm?punyaku 15-20% itu mo 3,5-4 jam…sama ga mas?takutnya cuma grand 2 q yg ngechargenya selama itu…msh baru lg tu br 2 bln.

    • Sori nimbrung menjawab, Sejauh pengalaman pribadi yg pake 2 sim, dengan merk samsung apalagi, ga ada kok sim , k2 bs mati ndri karena 2 kartu. Kan memang sudah drancang bs 2 on. ;)

  24. Om piring kenapa ga jd beli note 3 neo? Worthed ga ambil note 3 neo? Atau mending ambil grand 2 ini.. atau sakalian ambil note 3?

  25. Saya baru beli grand 2 1bln pake tp setiap maen games internet hp nya jd cepat panas yg mnyebabkan baterai cpt habis. Apakah grand 2 mnk cpt panas kalau main game online kayak hayday. Mohon pnjelasan nya thanks.

  26. Saya baru saja membeli grand 2 hari minggu kemaren, cukup puas dengan performance yang di punyai grand 2. Kamera bisa di bilang bagus lah karena sudah mencapai 8 MP.
    Saya hanya kurang puas sama memory internal nya hanya 8GB sisa-sisa cuma 4.5GBan
    tapi kalo masalah performance grand 2 sudah di atas rata2 :)

  27. mantap ulasannya om..saya kebetulan mau hunting grand 2..cari review2 dari 2 hari lalu baru ketemu ini ulasan om…jadi makin mantapp dahhh…selera dan pemikiran om soal smartphone sejalan ama saya…tengkiu om

  28. Mau tanya ne sob….sy baru bli galaxy gran 2 ne…
    Tapi pas pake pertama sekali pas pegang dibelakangnya panas ya padahal sy masih buka playstor aja…??
    Apakah ini wajar atau tdk? Maklum sy masih br pake samsung krn biasa sy pake sony dan lenovo..
    Mohon masukannya sob?

      • oc mas..makasi atas tanggagapan dan masukannya yang sangat membantu….
        soalnya kita beli HP nya di luar jawa mas, kwatir ada something wrong dengan HP nya…
        (palsu/prduk gagal atau kemungkinan lain gitu).. :-)

        oh ia mas, mau tanya satu lagi…apakah klo HP samsung pas ngecharge battery musti di non-aktifkan ponselnya mas,? mks

      • Sy sudah amati selama beberapa hari mas….ternyata tetap aja panas…buka bbm dan sms aja dlm menit ke 3 sudh mulai panas hp nya mas… tu masih normal kah? Atau layak kita pertanyakan ke Samsungnya?..
        Mohon masukannya sob…trims.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s