Si Gede Item. Review Awam Galaxy NotePRO 12.2

Standard

Review awam is back! Seperti biasa, a word of caution: ini adalah review awam nan ringan layaknya Chiki. Jadi untuk yang berharap review mendetail dengan pembahasan spesifikasi yang njelimet, ya siap2 kecewa. Gw mereview produk berikut sebagai pengguna awam saja. Okaaaay?

Kali ini gw berkesempatan mendapat Samsung Galaxy NotePRO 12.2, tablet teranyar keluaran Samsung. Waktu gw pertama kali memegang NotePRO ini, reaksi pertama gw adalah:

“HOLY COW (bukan tempat steak)!!! TABLET INI GEDE AJA…”

20140323_114121

Sebagai referensi, NotePRO di genggaman

Nggak maen2. Tablet dengan ukuran layar 12.2 inchi ini gede, dan item. Tablet2 sebelumnya yang berukuran 10 inch rasanya relatif jadi “kecil” begitu dijajarkan dengan si NotePRO. Wajar kalau reaksi pertama orang yang melihat adalah: “Sebenarnya penting banget gak sih punya tablet segede gini??” Nah, ternyata, memang layar gede ini dibuat ada maksudnya. Read on!

Walaupun besar, surprisingly, NotePRO tidak seberat yang kita pikir. Banyak teman yang saat memegang NotePRO reaksinya adalah “Eh, gw pikir bakal lebih berat”. Mungkin karena penampilan yang gede item itu, kita berpikir pasti berat, tapi ternyata tidak (berat asli . Mungkin karena dimensinya yang sebenarnya relatif tipis. Walaupun demikian, NotePRO memang tidak bisa dipegang berlama2 dengan satu tangan. Bukan hanya soal berat yang tetap signifikan, tetapi dimensinya yang besar memang tidak nyaman untuk dioperasikan satu tangan. NotePRO adalah tablet yang cocoknya dinikmati di meja, atau di pangkuan.

Percaya deh, jangan dipegang satu tangan kelamaan

Percaya deh, jangan dipegang satu tangan kelamaan

Bagian belakang, menggunakan cover plastik dengan tekstur “seperti kulit” (faux leather), yang agak3 seperti kulit jeruk. Sebagai catatan, faux leather di NotePRO berbeda dengan di Note 3. Di NotePRO ada kesan “soft” sehingga lebih mirip dengan kulit lagi.

Bagian belakang masih menggunakan tekstur "faux leather"

Bagian belakang masih menggunakan tekstur “faux leather”

Lebih detail dengan tekstur faux leather. Perhatikan pola "jahitan" di tepi yang sama dengan Note 3

Lebih detail dengan tekstur faux leather. Perhatikan pola “jahitan” di tepi yang sama dengan Note 3

Besaaar, tapi relatif tipis (Foto dari techcrunch.com)

Besaaar, tapi relatif tipis (Foto dari techcrunch.com)

Di sebelah laptop gw, sebagai perbandingan ukuran

Di sebelah laptop gw, sebagai perbandingan ukuran

Karena ini adalah seri “Note”, otomatis terdapat S-Pen diselipkan di body. Percayalah bahwa sekali mengenal S-Pen, jadinya males bawa buku catatan konvensional (kertas) ke meeting lagi. Pertama kali mengenal S-Pen di Note 2, gw langsung jatuh cinta, dan selalu menulis catatan meeting di gadget. Call me “old school”, tapi kalau di meeting gw masih lebih mencatat dengan menulis tangan daripada “mengetik”. Soalnya gw suka mencatat dengan doodling (corat-coret) dan menggambar skema simpel.

Selain kesannya “cinta lingkungan” (kan gak pake kertas), tetapi di kerjaan yang gw yang clientnya banyak, catatan digital jauh lebih rapih karena bisa dikategorikan dalam folder2. Buat yang masih meragukan menulis dengan “pena digital”, percayalah bahwa S-Pen di seri Note sangat akurat untuk menggambar dan menulis tangan.

S-Pen masih salah satu fitur seri Note yang paling asik

S-Pen masih salah satu fitur seri Note yang paling asik

Jadi kenapa sih harus pake tablet gede?

Sebenarnya, petunjuk jawabannya sudah ada di namanya: “NotePRO”. Ukurannya besar karena NotePRO ini memang dimaksudkan sebagai tablet bekerja dan berkarya (tidak sama dengan “Golongan Karya”). Jadi, tablet ini memang tidak dimaksudkan sebagai tempat bermain Angry Birds, Flappy Bird, atau Candy Crush (walaupun tentu bisa saja menjalankan game2 tersebut), tetapi kegunaannya lebih terasa untuk hal2 yang produktif – misalnya untuk bekerja dan menjalankan bisnis.

Kenapa layar besar? Karena layar besar memberi manfaat2 untuk tujuan produktivitas di atas. Misalnya:

1. Karena layarnya gede, keyboardnya bisa gede juga cuy. Satu hal yang menyenangkan dari layar besar ini adalah, virtual keyboardnya sudah menyamai ukuran keyboard laptop full size. Ini artinya mengetik menjadi sangat nyaman karena hampir tidak ada bedanya dengan menyetik di keyboard PC/laptop biasa (bedanya hanya tombolnya tidak “jleb” ke dalem aja). Selain itu, susunan dan cara kerja keyboard pun sudah layaknya keyboard biasa (PC), misalnya seperti fungsi Ctrl. Kita bisa mensave, mengcopy dengan cara menekan Ctrl-S, Ctrl-C, dll.

Keyboard virtual yang sebesar keyboard PC/laptop biasa. Mengetik jadi nyaman.

Keyboard virtual yang sebesar keyboard PC/laptop biasa. Mengetik jadi nyaman.

Dengan keyboard besar ini, tablet akhirnya bisa digunakan untuk mengedit dokumen teks dengan nyaman. Gw pernah mencoba menulis satu artikel Word menggunakan NotePRO di perjalanan mobil dan bener2 terasa nyaman,

[Sebagai catatan: berdasarkan informasi dari Samsung, konon akan tersedia cover NotePRO yang merangkap sebagai stand dan keyboard bluetooth. Dan juga akan ada mouse bluetooth untuk si NotePRO ini. Dengan kata lain, NotePRO bisa bener2 berubah menjadi seperti laptop. Hanya bedanya di OS-nya saja. Tapi jujur gw belum mencoba keyboard bluetooth tersebut]

2. Karena layarnya gede, bisa split screen. Sampai 4 window! Fitur split screen dengan 2 aplikasi berjalan berbarengan sebenarnya sudah diperkenalkan Samsung 2 tahun lalu dengan Note 2. Tetapi NotePRO adalah tablet Samsung pertama yang memperkenalkan fungsi multiscreen sampai 4 aplikasi sekaligus! Memang tidak semua app bisa dijadikan multiscreen (Flappy Bird gak bisa contohnya), karena memang prioritas adalah app-app yang sifatnya menunjang kerjaan!

Jadi misalnya, dalam meeting gw bisa mencatat dengan menulis tangan di S-Note, tetapi di saat yang sama gw bisa membuka Twitter untuk kepo gosip capres terakhir, dan juga membuka e-mail.

"multi screen". Bisa nyatet, liat Twitter, atau baca e-mail

“multi screen”. Bisa nyatet, liat Twitter, atau baca e-mail

Screenshot "multiscreen", 4 aplikasi sekaligus daam satu layar

Screenshot “multiscreen”, 4 aplikasi sekaligus daam satu layar

Multiscreen di NotePRO juga sangat fleksibel, karena bisa diatur ukurannya semau kita. Jadi nggak harus sempurna terbelah empat kayak pizza gitu.

Perhatikan rasio multiscreen bisa diatur sesuai kemauan kita kapanpun.

Perhatikan rasio multiscreen bisa diatur sesuai kemauan kita kapanpun.

Jadi itulah manfaat2 layar gede. Bukan supaya main Candy Crush lebih gampang, tetapi alasan utamanya agar bisa menunjang kita bekerja. Keyboard lebih nyaman, dan bisa multiscreen untuk 2-4 aplikasi sekaligus. Tentunya, dengan layar besar menonton film juga lebih enak sih.

Oh iya, biasanya suka pada nanyain resolusi. NotePRO memiliki display 2560×1600 pixel. Dengan luar layar 12.2 inchi, memberikan pixel per inch 247 ppi. Walaupun secara pixel per inch di bawah smartphone premium sekelas Note 3 atau S4, tetapi dari pengalaman ketajamannya sudah sangat bagus, khususnya untuk multimedia (melihat foto, film).

Tapi layar gede aja gak cukup untuk kerja dong nyet?

He eh. Karena untuk kerja tentunya kita perlu aplikasi yang mendukung. Dan ini pun sudah dicover oleh NotePRO.

Bisa dibilang sebagian besar orang kantoran/kerja pasti mencari nafkah dengan produk Microsoft Office. Nggak semua, tapi gw yakin sebagian besar dari kita yang kerja pasti menggantungkan nasib pada Word, PowerPoint, Excel. Ya kan?

Nah, NotePRO memberikan aplikasi gratis Hancom Office. Aplikasi ini diklaim sudah sangat kompatibel dengan Microsoft Office, walaupun tidak 100% sama. Penjelasan dari Samsung adalah bahwa sebagian besar fungsi umum dari Microsoft Office sudah bisa ditemui juga di Hancom Office. Dan ini termasuk sampai ke layout menu yang sangat mirip. Tujuannya agar kita cepat dalam menggunakan aplikasi tersebut tanpa harus banyak belajar/menyesuaikan diri lagi.

Tampilan Hancom Show yang kompatibel dengan PowerPoint. Perhatikan layout menu yang sangat mirip dengan PowerPoint

Tampilan Hancom Show yang kompatibel dengan PowerPoint. Perhatikan layout menu yang sangat mirip dengan PowerPoint

Beberapa fitur “produktivitas” lainnya

Ada beberapa app pre-installed yang sangat kuat nuansa “kerja”nya. Yang pertama adalah e-Meeting. Dengan e-Meeting, beberapa pengguna NotePRO bisa sharing satu screen yang sama (misalnya presentasi PowerPoint), dan hebatnya bisa mengedit/memberi catatan pada presentasi yang terlihat seluruh peserta meeting secara simultan. Gw udah nyobain demonstrasi di sebuah event Samsung, dan seru sih. Kebayang 8 orang meeting yang sama dan yang satu bisa nulis di layar “AKU DIFRIENZONEIN LAGI GUYS, AKU RAPOPO” dan langsung terlihat 7 kolega yang lain.

Selain e-Meeting, ada lagi app “Remote PC”. Jadi jika kita punya komputer di rumah, dengan catatan aplikasi Remote PC sudah diinstall di komputer rumah dan komputer tersebut dalam keadaan menyala/standby serta connect ke internet, maka kita bisa menjalankan komputer tersebut dari NotePRO kita, bahkan saat kita sedang traveling. Yang penting kedua device terhubung ke internet. Kita bisa “mengambil” file dari komputer di rumah untuk dimasukkan ke NotePRO. Tenang saja, semua mekanisme ini tentu membutuhkan password. Jadi tidak bisa ada orang mencuri NotePRO kita dan mendownload foto2 mantan kita. Kecuali orang tersebut kerja di NSA atau doi Chuck Norris.

Jadi jelas banget terasa bahwa NotePRO ini memang untuk orang yang bekerja dan menginginkan tablet yang bisa mendukung pekerjaan dan memenangkan persaingan, bukan memenangkan Plant vs. Zombies 2.

Pengganti laptop?

Mungkin sampai di sini ada yang bertanya2, “Apakah NotePRO bisa menggantikan laptop?” Pertanyaan sulit. Dari pengalaman singkat gw sekitar sebulan menggunakan NotePRO, gw belum merasa NotePRO menggantikan laptop/PC untuk pekerjaan kantor kita. Hal ini karena sering kali bekerja di kantor mengharuskan kita terhubung dengan server kantor. Nah, masalahnya OS yang masih umum diterima server kantor adalah Windows atau OS Mac, bukan Android, jadi dalam hal ini mungkin sulit diterima. Having said that, untuk mereka yang pekerjaan atau bisnisnya tidak bergantung pada server kantor (jadi devicenya berdiri sendiri/stand alone/jomblo), bisa saja NotePRO ini menggantikan laptop PC/Mac. Keunikannya ya tampang dan fitur seperti laptop, tetapi menjalankan OS Android.

Bagi NotePRO ini adalah tablet yang melengkapi kita untuk bisa tetap produktif dengan mobilitas tinggi. Dengan berat dan dimensi yang relatif lebih praktis dibanding laptop, tetapi dengan fitur kerja yang komplit ditambah kompatibilitas dengan Office, ibaratnya komputer bisa ditinggal di kantor, dan NotePRO jadi sekretaris kece yang menemani di mobil sehingga kita bisa tetap produktif, bahkan sampai di tempat tidur (OK, this starts to sound wrong…walaupun secara makna tidak salah)

Selain untuk orang “kantoran” pada umumnya, profesi yang terpikir oleh gw juga bisa bener2 menikmati NotePRO adalah mereka yang bekerja di industri kreatif. Designer fashion, designer logo, kartunis, production house, rasanya bisa asik memakai NotePRO karena tidak hanya layar besarnya, tetapi juga S-Pen yang memungkinkan menggambar/mensketsa dengan bebas. Jadi kehadiran S-Pen bertemu layar 12,2 inch ini jadi kombinasi maut bagi mereka yang kreatif secara visual.

Sketsa ini dibuat menggunakan app Sketchbook di NotePRO

Sketsa ini dibuat menggunakan app Sketchbook di NotePRO

Selain itu, kalau kamu tidak seproduktif itu (misalnya kamu hidup dari warisan orang tua, korupsi, menikahi putri tunggal pengusaha, dll), tetapi kamu menyenangi sensasi tablet layar besar, ya sah-sah saja kok untuk menggunakan NotePRO ini. Membaca berita, e-magazine, dan browsing juga nyaman karena besar dan bisa multiscreen. Kebetulan NotePRO juga memiliki homescreen dengan gaya magazine yang bisa dicustomize. Jadi kita bisa selalu update dengan berita2 tanpa harus membuka aplikasi/masuk ke situs berita.

Homescreen NotePRO menggunakan gaya "magazine" (mirip Flipboard) yang bisa di-customized

Homescreen NotePRO menggunakan gaya “magazine” (mirip Flipboard) yang bisa di-customized

Beberapa hal lain

Oh iya, percaya apa nggak, NotePRO ini masih dibekali KAMERA BELAKANG 8MP PLUS FLASH PULA. Sejujurnya, gw merasa orang yang memotret menggunakan tablet yang lebih besar dari 8 inch layak dikemplang. Tetapi terkadang, ada situasi2 kepepet di mana mungkin hanya tablet yang tersedia untuk memotret. Well, ya sudah lah ya.

Nah, NotePRO ini masih dibekali kamera belakang dengan flash yang cukup memadai. Ditambah kamera depan 2 MP untuk keperluan videoconference, Skype, atau sekedar narsis. Gw nggak tertarik untuk membahas kamera di tablet bongsor ini, karena rasanya memang bukan pada tempatnya motret2 pakai tablet segede nampan ini. Tetapi untuk pembaca yang kekeuh mau tau hasil fotonya, nich….

Foto tidak diedit sma sekali. Klik untuk memperbesar

Foto tidak diedit sma sekali. Klik untuk memperbesar

Informasi untuk para geeks

Prosesor. NotePro didukung quad core 1.9 + quad core 1.3, jadi total ada 8 prosesor. Setahu gw cara kerjanya bukan kedelapan-delapannya aktif sekaligus, tetapi tergantung kebutuhan. Untuk proses yang butuh kenceng, dikasih ke yang 1.9, dan untuk task2 yang ringan, diberikan ke yang 1.3. Tujuannya untuk efisiensi konsumsi baterai. Tetapi ini perlu diklarifikasi lagi sih.

Sistem Operasi. Udah KitKat kakaaak….. (walaupun gw gak tau juga bedanya sama Jelly Bean apaan ya?)

Sound. Ada dua speaker stereo di bezel/pinggiran kiri dan kanan.

Memory. Untuk RAM ada 3 GB, jadi harusnya cukup lah. Untuk storage, NotePRO memberikan 32 GB, dan masih disediakan slot MicroSD. Puas? PUASSS??

Baterai. Naaaah, ini layak sih dibahas. Kapasitas baterai non-removable ini 9,500 mAh. Dan percayalah kapasitas baterai ini cetar membahana, bahkan dengan screen sebesar itu. Pengalaman gw sehari2 menggunakan NotePRO, jika memulai hari dengan baterai penuh, sampai tidur lagi belum pernah butuh dicharge sama sekali. Tetapi harap dicatat gw tidak terus menerus menggunakan NotePRO ini, karena ada komputer kantor. Gw menggunakan khususnya saat meeting di client atau diskusi internal. Jadi sekali lagi terpulang dengan pola penggunaan masing2 user.

Penutup

Si gede item (nggak tau kenapa gw seneng banget sama istilah “gede item”….) Samsung Galaxy NotePRO ini menurut gw memang bukan untuk semua orang. Ukurannya besar, tidak bisa digunakan dengan satu tangan, dan harga yang relatif tinggi. Karenanya NotePRO ini memang lebih cocok untuk mereka yang bisa menggunakan tablet untuk hal2 yang lebih produktif daripada bermain Candy Crush. Mengedit dokumen Office dengan nyaman, mencatat meeting sambil multitasking, atau keperluan kreatif visual (mendesain, menggambar) adalah kemampuan2 NotePRO yang jika tidak digunakan jadinya mubazir, karena rasanya NotePRO ini terlalu mahal dan spesifikasinya terlalu tinggi untuk hanya main Plants vs Zombies.

NotePRO dengan layar 12.2 inch memang tidak se”portabel” sodara2nya yang lebih kecil (Tab 7, Note 8, dll). Tablet ini rasanya tidak cocok untuk dibawa2 ke liburan di Maldives, misalnya. Karena rasanya kodrat NotePRO adalah di setting kantor dan perjalanan ke meeting dengan client. Gak di Maldives. :D

Sekian review awam gw untuk tablet NotePRO 12.2, semoga berguna. Sekali lagi, untuk info lebih detail, mohon cari sendiri di review2 yang profesional yaaa. Salam gadget! (opo sih).

Jangan lewatkan:

Review Awam Samsung Galaxy Grand 2

 

About these ads

13 responses »

  1. Tips2 Mencegah Friendzone. Taeeeek. :)))
    Keren juga, Om. Etapi ini pasti kampanye terselubung ya? NotePRO = NotePELUKRaPopo. Oke, bye….taksi!

  2. Another funny gadget review
    Maksudnya reviewnya bisa bikin gue ketawa2 sendiri mbacanya Om, cos bahasa yg dipake. Bukan dalam arti yg lain ya
    Pake masukin games kesukaan gue lagi Plants VS Zombie wakwakwakwakwak
    Tau aja lo om gue lagi keranjingan ama nih game atu
    Lumayan buat referensi hahahahahahaha

  3. Enjoying reading this post. Membahas gadget dengan bahasa ringan, bahkan sempat-sempatnya bikin ketawa. And knowing that I’m not an anomaly person karena ternyata di jaman ini masih ada yg suka mencatat di kertas daripada ngetik, karena bisa nulis sekaligus buat skema. Awal ngeliatnya males, tapi sekarang jadi pengen. Thanks for sharing this!
    P.S. Gadgetnya banyak amat, Om. Gak ada rencana give away ke penggemar? Gak usah ke maldives, kasih satu aja udah seneng. *minta dikeplak ketua partai peluk*

  4. Wah,,reviuwnya keren abis ,Saya puas bacanya,,hehehe,, makasih ya sdh mau meluangkan waktu buat nulis artiel ini,,,GOD BLESS YOU !!!

  5. Saya dah pernah baca review Om tentang Note 2. Saya suka sekali.
    Sayangnya untuk tablet, om malah review yg NotePRO 12 inc, bukan yg 2014 edition. Saya terlanjur beli Note 2014 edition bulan desember dan rada kecewa setelah tahu dalam waktu dekat, samsung udah ngeluarin NotePRO.
    Oh ya, yg paling saya suka di NotePRO adalah ngetik di keyboardnya bisa multi touch sedang di note 2014 edition kagak bisa. Katanya ada masalah dengan software nya atau entahlah. Jadi sampai sekarang, ngetik di note 2014 edition gak enak banget.

  6. Om, review Remote PCnya dong… Jalan mulus apa ngk kalo misalnya kita Remote PC terus dipake buat gambar di PC (photoshop kalo ada, kalo ngk ya Ms. Paint =)) .. ). Belum ada yang review soalnya…… jadi… barangkali om bisa jadi yang pertama… Thanks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s